NUSANTARA

Ganti Mobil Dinas Dinas Baru, Pejabat Pemkab Situbondo Tak Punya Hati Nurani

KBR68H, Situbondo - Pengadaan mobil dinas baru di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur terus menuai protes. Pemkab dibawah kepemimpinan Bupadi Dadang Wigiarto dan Rahmad dinilai terlalu boros belanja kendaraan Dinas.

AUTHOR / Radio Bhasa FM Situbondo

Ganti Mobil Dinas Dinas Baru, Pejabat Pemkab Situbondo Tak Punya Hati Nurani
mobil dinas baru, pemkab situbondo, hati nurani

KBR68H, Situbondo - Pengadaan mobil dinas baru  di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur terus menuai protes. Pemkab dibawah kepemimpinan Bupadi Dadang Wigiarto dan Rahmad dinilai terlalu boros belanja kendaraan Dinas.

Menurut Direktur LSM Naungan Intitute, Agus Ari Cahyadi, sebagai Kabupaten berpredikat miskin, para pejabat dinilai tak memiliki hati nurani karena gonta-ganti mobil dinas baru. 

“Tak hanya PAD atau Pendapatan Asli Daerah masih sangat kecil, Perubahan Anggaran Keuangan, atau PAK APBD tahun ini ternyata masih defisit sekitar 64 miliar. Ironisnya, Pemkab malah menghambur-hamburkan uang ABPD untuk membeli mobil Dinas baru. Dari lima pengadaan mobil dinas senilai 1 miliar 376 juta rupiah, salah satunya berupa mobil Honda CRV. Mobil seharga 363 juta ini akan dipergunakan Sekretaris Kabupaten Syaifullah. Padahal mobil Dinas Kijang Inova milik Sekkap itu masih terbilang baru,”kata Agus.

Menurut dia, seharusnya Pemkab lebih mengutamakan uang APBD untuk memenuhi palayanan dasar masyarakat. Saat ini masih banyak anak penderita gizi buruk, namun tak mendapatkan penanganan serius dari Pemerintah.

Selain gizi buruk, kata Agus, saat ini masih banyak warga miskin tinggal di rumah yang tak layak huni. Jika memiliki hati nurani, mestinya Pemkab menggunakan uang 1 miliar lebih itu  untuk membetulkan rumah orang miskin.

Agus menambahkan, sebetulnya pengadaaan mobil dinas baru itu bukan kebutuhan mendesak. Mobil Dinas Sekretaris Kabupaten maupun milik asisten, masih cukup layak untuk dipergunakan. Di sejumlah kabupaten kaya, Kepala Daerahnya masih menggunakan mobil Kijang Innova. Sebaliknya Bupati dan wakil Bupati Situbondo, saat ini sudah menggunakan mobil dinas Fortuner.

Sumber: Radio Bhasa FM Situbondo

Editor: Doddy Rosadi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!