NUSANTARA

Enam RS di Jabar Disiagakan Tangani Korban, Ini Kronologis Tabrakan Kereta di Cicalengka

Dari seluruh penumpang dua KA yang tabrakan itu, sebanyak 24 mengalami luka ringan. Mereka kini dirawat di RSUD Cicalengka, dua orang di Puskesmas Cicalengka dan dua orang lagi di RSKK.

AUTHOR / Arie Nugraha

Enam RS di Jabar Disiagakan Tangani Korban, Ini Kronologis Tabrakan Kereta di Cicalengka
Foto udara KA Bandung Raya yang bertabrakan dengan KA Turangga di Cicalengka, Kab Bandung, Jawa Barat, Jumat (5/1/2024). (Foto: ANTARA/Raisan Al Farisi)

KBR, Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyiagakan enam rumah sakit usai terjadinya tabrakan di jalur petak stasiun Cicalengka-Haurpugur antara kereta api (KA) Turangga relasi Surabaya Gubeng–Bandung dan Commuter Line Bandung Raya. Kecelakaan terjadi Jumat (5/1/2024) pukul 6.30 WIB.

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengatakan sebanyak 287 penumpang KA Turangga dan 191 penumpang Commuter Line Bandung Raya selamat. Namun seorang pramugara KA meninggal.

"Kepada Dinas Kesehatan telap menyiapkan enam rumah sakit yaitu RSUD Cicalengka, Puskesmas Cicalengka, Puskesmas Rancaekek, Rumah Sakit AMC, Rumah Sakit Harapan Keluarga dan Rumah Sakit RSKK," ujar Bey di Bandung, Jumat (5/1/2024).

Bey menambahkan dari seluruh penumpang dua KA yang tabrakan itu, sebanyak 24 mengalami luka ringan.

Mereka kini tengah dirawat di RSUD Cicalengka, dua orang di Puskesmas Cicalengka dan dua orang lagi di RSKK.

"Sedangkan petugas pramugara KA wafat saat mendapatkan pertolongan medis di rumah sakit," kata Bey.

Lintas instansi saat ini tengah melakukan evaksuai rangkaian dua KA yang tabrakan tersebut. Sedangkan untuk pemicu kecelakaan tengah menunggu hasil dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Baca juga:


Kronologi

Berdasarkan informasi yang dihimpun, berikut kronologis awal kecelakan KKA PLB 65A (Turangga) dengan KA 350 (CL Bandung Raya):

  • Jam 05.46 WIB PPKP Menetapkan Persilangan Ka 350 (CL Bandung Raya) dengan Plb 65 (Turangga) di Stasiun Haurpugur ke PPKA Cicalengka.
  • Jam 05.49 WIB PPKA Cicalengka meminta aman blok ke Haurpugur menggunakan telepon antar stasiun, tetapi tidak diangkat, tetapi diberikan aman blok untuk Plb 65A (Turangga).
  • Jam 05.55 WIB Ppka Haurpugur, setelah melihat arah Panah blok Ke Cicalengka aman (Ppka Haurpugur) dan Pemberangkatan KA 350 05.56 WIB tepat. Setelah memberangkatkan belum laporan ke PPKP.
  • Jam 06.01 WIB PPKA Cicalengka melaporkan lewat Radio WS untuk Plb 65A (Turangga) langsung Cicalengka.
  • Jam 06.03 WIB menerima laporan ASP Plb 65A (Turangga) terjadi KKA dengan KA 350 (CL Bandung Raya). di Km 181+700

Rangkaian KA yang Terganggu

1. Plb 65A (Turangga)

  • Langsir Nagreg 05.48 WIB terlambat 11 menit
  • Langsir Cicalengka 05.59 WIB terlambat 9 menit

2. KA 350 (CL Bandung Raya)

  • Keberangkatan Rancaekek 05.41 WIB terlambat satu menit
  • Kedatangan Haurpugur 05.51 WIB terlambat 4 menit
  • Keberangkatan Haurpugur 05.56 WIB tepat.

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!