NUSANTARA

Dua Lokasi untuk Relokasi Korban Letusan Gunung Rokatenda

KBR68H, Sikka - Pemerintah Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, menyiapkan dua lokasi untuk merelokasi pengungsi korban letusan Gunung Rokatenda.

AUTHOR / Silver Sega

Dua Lokasi untuk Relokasi Korban Letusan Gunung Rokatenda
rokatenda, NTT, relokasi, korban

KBR68H, Sikka - Pemerintah Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, menyiapkan dua lokasi untuk merelokasi pengungsi korban letusan Gunung Rokatenda. Bupati Sikka Yos Ansar Rera mengatakan, dua lokasi yang disiapkan itu adalah di Nangahure, Maumere dan di Pulau Besar.

"Relokasi di Kota Maumere, di Nangahure sana, Weewoli sampai Waturia, kemudian alternatif yang kedua di Pulau Besar. Tapi masih di Pulau Besar masih kita omong baik-baik dengan masyarakat sekitar. Pengungsi itu sendiri mau kesana atau tidak. Itu yang alternatif," ujarnya.

Bupati Sikka Yos Ansar Rera menambahkan, Pemerintah telah menggelontorkan dana Rp 14 miliar untuk membangun hampir 800 unit rumah di Kabupaten Ende dan Kabupaten Sikka. Pengungsi Rokatenda di Maumere yang merupakan warga Palue saat ini berjumlah lebih dari seribu orang. Mereka mendiami sejumlah tempat penampungan dan tenda darurat di Maumere. Sementara masih sekitar 6 ribu warga Palue yang enggan dievakuasi.

Editor: Doddy Rosadi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!