NUSANTARA

Dongkrak Pariwisata, Tukang Becak di Banyuwangi Diajari Bahasa Inggris

KBR68H, Banyuwangi-Pemerintah Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur, melatih sekitar 200-an masyarakat setempat untuk bisa berbahasa inggris. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banyuwangi Muhammad Yanuar Bramuda mengatakan, 200-an masyarakat yang dilatih ba

AUTHOR / Hermawan

Dongkrak Pariwisata, Tukang Becak di Banyuwangi Diajari Bahasa Inggris
bahasa inggris, pariwisata, banyuwangi, tukang ojek

KBR68H, Banyuwangi- Pemerintah Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur, melatih sekitar 200-an masyarakat setempat untuk bisa berbahasa inggris. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banyuwangi Muhammad Yanuar Bramuda mengatakan, 200-an masyarakat yang dilatih bahasa Inggris ini terdiri dari berbagai macam latar belakang, yang dinilai bersentuhan langsung dengan kepariwisataan.

Mereka diantaranya tukang ojek, tukang becak, tukang perahu wisata dan para penambang belerang di Gunung Ijen. Kata dia, dengan adanya pelatihan ini diharapkan mereka mampu melayani wisatawan asing yang berkunjung ke Banyuwangi.

“Selama ini kita kesulitan untuk mempromosikan Banyuwangi. Tidak hanya sekedar promosi di tingkat media tetapi juga guide baru kita butuhkan. Salah satunya adalah pelatihan bahasa Inggris bagi mereka yang berada di sekitar obyek wisata. Kebetulan tahap pertama ini dilakukan di wilayah kota untuk tukang bejak, perahu bagi mereka yang perahu, ojek terus angkot. Ini penting untuk membawa citra Banyuwangi ke depan,” kata Muhammad Yanuar Bramuda.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banyuwangi Muhammad Yanuar Bramuda menambahkan, pelatihan bahasa Inggris ini perlu dilakukan. Sebab saat ini kunjngan wisatawan asing maupun wisatawan lokal ke Banyuwangi terus meningkat.

Hingga bulan November tahun ini kunjungan wisatawan ke Banyuwangi meningkat 50 persen dibanding tahun sebelumnya. Saat ini wisatawan lokal maupun manca negara yang berkunjung ke Banyuwangi mencapai 13 ribu orang.

Sedangkan tahun lalu dibulan yang sama kunjungan wisatawan hanya 8 ribu orang. Dia menargetkan hingga akhir tahun nanti kunjungan wisatawan ke Banyuwangi bisa mencapai 16 ribu orang.

Editor: Suryawijayanti


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!