NUSANTARA

Dilanda Kekeringan, 100 Hektar Lahan Sawah di Polman Mati

KBR68H, Polewali Mandar

AUTHOR / Sukrawardi

Dilanda Kekeringan, 100 Hektar Lahan Sawah di Polman Mati
kekeringan, lahan sawah, mati, polewali mandar

KBR68H, Polewali Mandar - 100 hektar lebih lahan persawahan di desa Batetangga Polewali Mandar, Sulawesi Barat mati karena kekeringan. Kekeringan ini disebabkan bobolnya tanggul pengairan akibat banjir. Kepala Desa Batetangga, Sumaila Damang mengatakan, jebolnya tanggul mengakibatkan aliran sungai berubah arah dan membendung aliran irigasi persawahan. Kata dia, sebagian petani yang sudah menanam padi juga mengalami kerugian karena kekeringan.

"Ada tanggul yang bobol itu. Ada tidak ancaman pak terhadap eh para petani yang ada diwilayahnya bapak? Bukan ancaman sekarang sudah mati sawahnya pak karena sudah tidak melalui anu lagi bendung lagi itu air. Oh ada berapa hektar itu keseluruhan? Oeh agak luas itu pak diatas 100 hektar. Itu mulainya kapan pak? Eh tanggal berapa dulu banjir itu, sudah ada barangkali 20 harian."kata Sumaila.

Kepala Desa Batetangga, Sumaila Damang menambahkan, pihak pemerintah desa sudah menyampaikan masalah ini ke dinas Pekerjaan Umum (PU) kabupaten tetapi hingga saat ini belum ada perbaikan. Diperkirakan jika pemeritah lamban menangani masalah ini, kondisi serupa akan mengancam lokasi persawahan lain di daerah itu.

Editor: Doddy Rosadi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!