NASIONAL

Dicalonkan PDIP Cagub Jakarta, Pramono Izin Jokowi

"Beliau tertawa terbahak-bahak. Beliau bilang begini, mas maju, mas maju"

AUTHOR / Hoirunnisa

EDITOR / Rony Sitanggang

Pramono=Rano maju Pilkada Jakarta
Presiden Jokowi didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung bersiap memimpin rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (27/08/24). (Antara/Hafidz Mubara

KBR, Jakarta - PDIP Perjuangan mendaftarkan Sekretaris Kabinet Pramono Anung sebagai calon gubernur DKJ Jakarta. Pramono didampingi bintang film Rano "Doel" Karno sebagai calon wakil gubernur.

Pramono Anung mengatakan telah mengantongi izin dari Presiden Joko Widodo untuk maju di Pemilihan Gubernur.

Pramono Anung menyebut dirinya meminta izin ke Jokowi melalui telepon juga berbicara langsung. Ia menceritakan bahwa Jokowi merestuinya maju di Pilkada.

"Yang kedua tentunya kepada Bapak Presiden. Saya berkonsultasi, saya datang langsung dan saya juga telepon langsung. Dan ketika saya berkomunikasi duduk berdua sama beliau setelah beliau pulang dari Lampung, beliau tertawa terbahak-bahak. Beliau bilang begini, mas maju, mas maju. Karena kalau berdua memang beliau memanggil mas," ujar Pramono  kepada wartawan, Rabu (28/8/2024).

Bakal calon Gubernur DKI Jakarta dari PDIP Pramono Anung menyebut proses dirinya diminta maju Pilgub Jakarta berlangsung sangat cepat. 

Pramono menyebut Jokowi mendukung dan meminta dirinya maju, sebab tidak semua orang diberikan amanah serupa dan tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Selain merestui, Ia mengaku Jokowi juga sempat menantangnya untuk berkampanye di 12 titik dalam sehari. Hal itu disampaikan Jokowi sepulangnya dari Lampung.

"Saya kemarin di-challenge sama bapak Presiden bisa nggak sehari 12 titik. Saya bilang, Pak saya akan buktikan, mungkin lebih dari itu," lanjut dia.


Baca juga:

Sementara itu, pasangannya Rano Karno mengaku telah menyiapkan visi misi untuk mengarungi kontestasi Pilgub DKI Jakarta 2024. Rano menyebut visi-misi nanti akan mengacu pada Nawacita yang digaungkan oleh Presiden Joko Widodo.

"Sudah, visi-misi sudah terbuat. Karena dalam pengertian, selalu kita DPP itu memberikan guidance kepada seluruh calon gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati atau wali kota yaitu visi misi nasional. Agar pembangunan itu ada kesinambungan. Nah kalau kita mau pahami Nawacita itu adalah visi misi yang diberikan oleh presiden, artinya itu tim daripada partai yang menyiapkan itu," jelas Rano kepada wartawan, Rabu (28/8/2024).

Rano mengatakan penyusunan visi-misi sudah dibuat berdasarkan panduan dari DPP PDIP pada para calon kepala daerah yang diusungnya. Ia mengatakan visi misinya berdasarkan kesinambungan dari program-program di tingkat nasional.

Pramono Anung-Rano Karno mendaftar ke KPU Jakarta, Rabu (28/8/2024) pukul 11.00 WIB. Keduanya mengenakan baju adat Betawi dan menggunakan oplet serta diiringi musik tanjidor saat mendaftar.

Pasangan PDIP ini akan menghadapi Ridwan Kamil-Suswono yang diusung 13 partai yakni Gerindra, Golkar, Demokrat, PKB, PKS, Nasdem, PSI, Perindo, Garuda, Gelora, PKN, dan PPP. RK-Suswono dijadwalkan mendaftar ke KPU Jakarta pada Rabu (28/8/2024) pukul 14.00 WIB.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!