NASIONAL

Debat Kedua, KPU Siapkan Podium

"waktu 120 menit dengan enam segmen,"

AUTHOR / Resky Novianto

Debat cawapres
Ilustrasi

KBR, Jakarta- Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyediakan podium bagi kandidat pada rangkaian debat Pilpres berikutnya. Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan podium sederhana disediakan berdasar evaluasi dan kesepakatan dengan semua tim paslon.

Debat cawapres yang akan berlangsung Jumat malam sama dengan format debat calon presiden pekan lalu.

"Sama persis (debat capres), waktu 120 menit dengan enam segmen," kata Hasyim di Gedung KPU, Jakarta, Senin (18/12).

Hasyim mengatakan, pertanyaan untuk cawapres disusun oleh sebelas panelis dari berbagai latar belakang, seperti akademisi hingga ekonom. 

Mereka adalah Alamsyah Saragih (Anggota Ombudsman RI Periode 2016-2020), Adhitya Wardhono (Ekonom dan Pengajar FEB Universitas Jember), Agustinus Prasetyantoko (Ekonom dan Rektor Universitas Katolik Indonesia Alma Jaya 2015-2023), 
Fausan Ali Rasyid (Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung), Hendri Saparini (Pendiri dan Ekonom CORE Indonesia)

Kemudian, Hyronimus Rowa (Wakil Rektor Bidang Akademik dan Inovasi IPDN), Poppy Ismalina (Associate Professor di Departemen Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM), Retno Agustina Ekaputri (Rektor Universitas Bengkulu 2021-2025), 
Suharnomo (Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro), Tauhid Ahmad (Direktur Eksekutif INDEF dan Dosen FEB Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta), Yose Rizal Damuri (Direktur Eksekutif Center for Strategic and International Studies/CSIS).

Debat akan dipandu moderator Alfito Deannova dan Liviana Cherlisa.

Tema debat pertama cawapres nanti adalah ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Debat itu mempertemukan tiga cawapres, yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD.

Baca juga:

Saat debat perdana yang menampilan calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan, nomor urut 2 Prabowo Subianto, dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo. Debat perdana tak menyediakan podium bagi calon.

Rangkaian 5 kali debat dimulai debat pertama berlangsung pada Selasa, 12 Desember 2023, kemudian debat Kedua pada Jumat, 22 Desember 2023, selanjutnya debat ketiga diselenggarakan Minggu, 7 Januari 2024. 

Sementara debat Keempat berlangsung Minggu, 14 Januari 2024, dan debat kelima atau terakhir dilaksanakan pada  Minggu, 4 Februari 2024

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!