NUSANTARA

BPBD: Manado Darurat Bencana

KBR68H, Manado - Pemerintah Kota Manado menetapkan status darurat bencana selama 3 hari. Kepala BPBD Manado, Maximiliam Tatahede mengatakan, status darurat bencana berlaku hingga tiga hari. Menurut Tatahede, status darurat bencana perlu ditetapkan agar

AUTHOR / Jerry Mukuan

BPBD: Manado Darurat Bencana
BPBD Manado, Darurat Bencana

KBR68H, Manado - Pemerintah Kota Manado menetapkan status darurat bencana selama 3 hari.

Kepala BPBD Manado, Maximiliam Tatahede mengatakan, status darurat bencana berlaku hingga tiga hari. Menurut Tatahede, status darurat bencana perlu ditetapkan agar penanganan bencana di kota Manado lebih terkoordinasi. Kata dia, bencana banjir dan longsor di Manado merupakan bencana besar, yang mengakibatkan lumpuhnya semua aktivitas warga.

"Darurat bencana itu 3 hari. Tiga hari itu semua aktivitas lintas skpd maupun warga masyarakat maupun dunia usaha itu tertuju pada bagaimana kita untuk menangani bencana. Karena bencana bukan cuma jadi tanggung jawab dari pemerintah tetapi semua stakeholder dari masyarakat bahkan dunia usaha” ungkap Max Tatahede.

Kepala BPBD Manado, Maximiliam Tatahede mengklaim, sejumlah lokasi longsor dan banjir di Manado saat ini sudah dapat dipulihkan. Menurutnya pemerintah kota juga sudah membuat posko siaga bencana. Posko itu menjadi tempat koordinasi bantuan. Selain itu pemerintah juga sudah mendirikan posko kesehatan dan dapur umum. Hujan deras selama dua hari pada akhir pekan kemarin mengakibatkan bencana longsor dan banjir. BPBD Manado mencatat bencana ini terjadi di 52 kelurahan, 14 orang meninggal dan ribuan lainnya mengungsi.


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!