NUSANTARA

BBM Naik, Kondisi Nelayan Banyuwangi Makin Terpuruk

Nelayan di Banyuwangi, Jawa Timur mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan hidupnya pasca penaikan BBM oleh pemerintah.

AUTHOR / Hermawan

BBM Naik, Kondisi Nelayan Banyuwangi Makin Terpuruk
bbm, nelayan banyuwangi

KBR68H, Banyuwangi - Nelayan di Banyuwangi, Jawa Timur mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan hidupnya pasca penaikan BBM oleh pemerintah.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Banyuwangi, Hasan Basri mengatakan, biaya operasional melaut yang harus dikeluarkan nelayan saat ini meningkat. Sementara, hasil tangkapan ikan terus menurun. Hal ini diperparah dengan kondisi cuaca yang tidak menentu.

”Kalau sikap kami mulai dari awal kenaikan BBM itu, kami tetap menolak. Sangat – sangat merugikan bagi para nelayan. Karena itu biayanya kan bertambah tinggi bagi nelayan, sedangkan hasilnya ini tidak pasti bagi para nelayan, hasil penangkapan ikannya. Apalagi dengan budi daya ikan semakin menurun,” kata Hasan Basri.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Banyuwangi, Hasan Basri menambahkan, dari sekitar 60 ribu nelayan di Banyuwangi, tidak sedikit nelayan yang tidak mampu melaut karena keterbatasan biaya atau modal.

Oleh sebab itu, dia berharap pemerintah mengkaji ulang kebijakan penaikan BBM ini. Sebab dapaknya cukup besar bagi kehidupan nelayan.

Editor: Antonius Eko 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!