NUSANTARA

Batas Negara Indonesia-Timlo di Desa Nelu Belum Jelas

KBR68H, TTU - Pemerintah pusat diminta segera memperjelas batas negara Indonesia-Timor Leste di lokasi konflik Desa Nelu Timor Tengah Utara dan Desa Kosta distrik Oekusi Timor Leste.

AUTHOR / Oscar Prasso

Batas Negara Indonesia-Timlo di Desa Nelu Belum Jelas
batas negara, desa nelu, timor leste

KBR68H, TTU - Pemerintah pusat diminta segera memperjelas batas negara Indonesia-Timor Leste di lokasi konflik Desa Nelu Timor Tengah Utara dan Desa Kosta distrik Oekusi Timor Leste. Salah satu tokoh warga Nelu, Pius Sallu mengatakan, ketidakjelasan batas negara ini membuat warga merasa tidak aman. Kata dia batas negara yang diinginkan warga yaitu yang ditetapkan pada jaman Belanda-Portugis, bukan batas saat Timor Leste masih bergabung dengan Indonesia.

“Harapan kami supaya memperjelas, karena batas itu sejak perjanjian Belanda dengan Portugis tahun 1904 hingga 1911. ( Warga di sini sudah merasah aman?) Kami disini belum merasa aman,” kata Pius Sallu kepada KBR68H.

Tokoh warga Nelu, Pius Salu mengakui warga Nelu Timor Tengah Utara dan Kosta distrik Oekusi Timor Leste memiliki hubungan darah. Namun demi kedaulatan negara, warga akan tetap mempertahankan batas negara yang ada. Sekitar dua pekan lalu, warga desa Nelu Timor Tengah Utara dan Desa Kosta distrik Oekusi Timor Leste terlibat bentrok. Warga desa Nelu Timor Tengah Utara menentang aksi penggarapan lahan dan pembukaan jalan baru oleh pihak Timor Leste di zona netral. Menurut mereka zona netral merupakan areal yang masih disengketakan, sehingga tidak boleh ada aktivitas di sana.

Editor: Doddy Rosadi


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!