NUSANTARA

Ancaman Terorisme, Polisi Diminta Perkuat Pengamanan Piala Dunia U-17 Indonesia

Ancaman terorisme terkait dengan adanya isu perang Israel dengan Palestina, itu selalu ada.

AUTHOR / Hoirunnisa

Piala Dunia U17
Sejumlah polisi berjaga di kawasan Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya jelang pembukaan Piala Dunia U-17 2023, Jumat (10/11/2023). ANTARA FOTO/Aditya Pradana

KBR, Jakarta - Polisi diminta memperkuat pengamanan turnamen Piala Dunia U-17 di Indonesia. Menurut pengamat kepolisian dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Bambang Rukminto, ancaman keamanan berpotensi terjadi dari dalam dan luar stadion.

Salah satu ancaman yang harus diwaspadai yaitu terorisme. Kata dia, ancaman keamanan pasti selalu ada dalam setiap pergelaran acara, salah satunya kompetisi sepak bola.

"Ancaman terorisme terkait dengan adanya isu perang Israel dengan Palestina, itu selalu ada. Makanya kalau kita melihat apa yang disampaikan Polda Metro, semua itu sudah terangkum dalam 10 isu ancaman dalam penyelenggaran Piala Dunia U-17 ini. Makanya antisipasi terkait dengan ancaman terorisme itu pun perlu dipertajam lagi," ujar Bambang kepada KBR, Jumat (10/11/2023).

Meski begitu, Bambang yakin polisi sudah menyiapkan pengamanan maksimal.

Menurutnya, persiapan yang dilakukan pemerintah sudah sangat baik dengan mengerahkan ribuan personel di berbagai wilayah.

"Saya melihatnya sudah sangat bagus dengan mengerahkan 13 ribu sekian personil, dengan empat wilayah, empat stadion. Itu sudah sangat besar sekali," kata Bambang.

Baca juga:

Selain isu terorisme, potensi gangguan keamanan dari penonton juga perlu menjadi perhatian aparat. Bambang mengatakan, peran aparat keamanan sangat diperlukan untuk mengantisipasi ketidakdisiplinan penonton yang kerap memicu kericuhan.

"Aturan untuk tidak membawa flare, tidak membawa spanduk terkait ujaran kebencian, politik, dan sebagainya itu harus diantisipasi oleh panitia," jelas Bambang.

Ada empat stadion yang menjadi tempat pertandingan Piala Dunia U-17 yakni Jakarta International Stadium, Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Stadion Manahan Solo, dan Gelora Bung Tomo.

Piala Dunia U-17 di Indonesia dimulai hari ini. Garuda Muda akan melakoni laga perdana melawan Ekuador di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.

Editor: Wahyu S.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!