NUSANTARA

80 Ribu Penyuluh Diterjunkan untuk Bantu Nelayan

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengklaim telah menerjunkan 80 ribu tenaga penyuluh nelayan di 300 kabupaten yang ada di wilayah pesisir Indonesia.

AUTHOR / Febriana

80 Ribu Penyuluh Diterjunkan untuk Bantu Nelayan
nelayan, penyuluh pertanian

KBR68H, Yogyakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengklaim telah menerjunkan 80 ribu tenaga penyuluh nelayan di 300 kabupaten yang ada di wilayah pesisir Indonesia. Menteri Perikanan dan Kelautan Sharif Cicip Sutardjo mengatakan, penyediaan para penyuluh ini akan membantu nelayan untuk bisa hidup sejahtera.

Nantinya para nelayan akan diberikan pelatihan pengolahan ikan dan kegiatan kelautan lainnya. Selain itu, para nelayan juga akan dibantu untuk mendapatkan sertifikasi nelayan profesional. Selain menerjunkan penyuluh, KKP juga menyiapkan program lain yang bisa dilakukan nelayan ketika tak bisa melaut.

"Tahun ini ada 80 ribu penyuluh, sehingga kita bagi – bagi setiap per kabupaten kita kasih 25 hingga 35 penyuluh, sehingga mereka bisa menyuluh sekaligus mendampingi sehingga nanti bisa betul – betul mengajari cara penangkapan ikan yang baik, sertifikasi nelayan yang baik sehingga bisa dilakukan sesuai teori yang benar," ujarnya.

Menteri Perikanan dan Kelautan Sharif Cicip Sutardjo menambahkan kehidupan nelayan saat ini hanya tergantung kepada cuaca dan peralatan yang dimiliki. Sementara para nelayan belum dianggap mampu untuk melakukan diversifikasi pangan dari bahan dasar ikan.

Cicip mengatakan berbagai program tadi juga disertai dengan bantuan layanan internet di kampung-kampung nelayan. Program ini diharapkan bisa membantu mereka meningkatkan kesejahteraannya.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!