NUSANTARA

2014, Tiap Desa di TTU Dapat Rp 300 Juta

Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Nusa Tenggara Timur, akan menggelontorkan dana 300 juta per desa pada 2014 ini. Bupati TTU Raymundus Fernandes mengatakan, dana Rp 300 juta per desa itu untuk mendukung program SARI TANI. Program ini diluncur

AUTHOR / Silver Sega

2014, Tiap Desa di TTU Dapat Rp 300 Juta
2014, Kabupaten TTU, 300 Juta

KBR68H, TTU - Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Nusa Tenggara Timur, akan menggelontorkan dana 300 juta per desa pada 2014 ini.

Bupati TTU Raymundus Fernandes mengatakan, dana Rp 300 juta per desa itu untuk mendukung program SARI TANI. Program ini diluncurkan Raymundus pada 2012 lalu.

“Tahun 2014 ini kita mengalokasikan 56 desa. Targetnya 2015 kan semua desa harus dialokasikan dana 300 juta itu.  Pendamping tetap. Pendamping lapangan untuk SARI TANI tetap ada. Itu diluar Alokasi Dana Desa ya. Karena itu 300 juta itu diarahkan lebih banyak untuk dana pemberdayaan ekonomi. Inikan sebenarnya yang nama masuk dalam kategori desa, berhak mendapatkan. Karena tentunya ini sejalan dengan program gerakan cinta petani menuju pensiun petani. Maka yang desa itu semua," tutur Raymundus Fernandes.

Bupati TTU Raymundus Fernandes menambahkan, di Kabupaten TTU, masih 36 ribu lebih kepala keluarga dari 55 ribu lebih kepala keluarga yang terkategori miskin. Mereka tersebar di 143 desa dan 31 kelurahan.

Raymundus mengakui, sebenarnya 22 kelurahan di TTU tidak layak berstatus kelurahan karena 99 persen warganya adalah petani. Karena itu, pihaknya sudah mempersiapkan perubahan status dari kelurahan kembali ke desa di kelurahan-kelurahan itu. Ini dimaksudkan agar 22 kelurahan itu juga menerima dana program Sari Tani 300 juta per desa.

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!