NUSANTARA

2000 Surat Suara Pilwalkot Bandung Rusak

Sebanyak 2000 surat suara pemilihan walikota Bandung 2013 dinyatakan rusak pada saat penyortiran oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bandung.

AUTHOR / Arie Nugraha

2000 Surat Suara Pilwalkot Bandung Rusak
pemilihan walikota bandung, surat suara rusak, portalkbr


KBR68H, Bandung - Sebanyak 2000 surat suara pemilihan walikota Bandung 2013 dinyatakan rusak pada saat penyortiran oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bandung. Menurut Ketua Pokja Logistik KPU Bandung Yusi Hasibuan, kerusakan surat suara itu terdapat pada tanda di foto satu pasangan calon walikota.

"Rusaknya itu buaknnya sobek. Ada bercak pada salah satu pasangan calon. Nah itu ditakutkan mengganggu pemilih, sehingga pemilih ke arah kesana. Dan itu pada satu titik pasangan calon tidak menyebar di pasangan calon yang lain," ujarnya di SLB Cicendo, jalan Cicendo, Bandung.

Ketua Pokja Logistik KPU Bandung Yusi Hasibuan mengatakan, lembaganya segera melakukan klarifikasi terhadap PT Peruri Wira Timur sebagai perusahaan percetakan pemenang tender surat suara atas adanya tanda tinta di foto satu pasangan calon walikota. KPU Bandung menyatakan selain tanda tinta di foto satu pasangan calon walikota, kategori kerusakan surat suara lainnya yaitu warna tidak jelas, terdapat bercak tinta dan bolong kecil di foto pasangan calon walikota.


Editor : Nanda Hidayat

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!