NUSANTARA

16 Ribu Tiket Gratis untuk Angkutan Antarmoda BIJB Kertajati

Dimulai sejak 1 Desember hingga 30 Desember 2023.

AUTHOR / Arie Nugraha

16 Ribu Tiket Gratis untuk Angkutan Antarmoda BIJB Kertajati
Ilustrasi: Penumpang di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Minggu (29/10/2023). (Antara/Dedhez Anggara)

KBR, Bandung- Pemerintah Jawa Barat menyediakan 16 tiket gratis untuk angkutan antarmoda Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

Tiket gratis tersebut sudah dimulai sejak 1 Desember hingga 30 Desember 2023. Menurut Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, penyediaan tiket gratis untuk meningkatkan minat masyarakat menggunakan BIJB Kertajati.

"Dari (kota) Bandung ada beberapa titik, dari Cirebon juga ada, Subang. Kalau di Bandung di Kebon Kawung, ya, untuk DAMRI, dan juga ada angkutan dari swasta juga," ujar Bey dalam siaran medianya, Bandung, Senin, 4 Desember 2023.

Bey mengatakan, tiket gratis tersebut untuk antarmoda dari pemerintah seperti Damri, sedangkan dari pihak swasta, semisal PT MS Trans, PT City Trans Utama, PT Bhinneka Sangkuriang, PT Purwa Trans, PT Arnes Shuttle, dan PT HS Budiman 45.

Tidak hanya untuk penumpang pesawat dari Kertajati, tetapi juga masyarakat umum yang ingin berkunjung ke BIJB Kertajati.

"Tidak hanya penumpang, masyarakat juga ada yang ingin tahu Kertajati. Jadi kita juga berharap promosi itu mengubah Kertajati, baik dan bagus, dari masyarakat. Jadi tidak hanya penumpang pesawat, bagi masyarakat dan pelajar bisa. Jadi upaya kita untuk mempromosikan Kertajati," kata Bey.

Untuk mendapatkan tiket gratis masyarakat hanya perlu mendatangi seluruh perusahaan negara maupun swasta yang menyediakannya.

Rincian rute tujuan yang disediakan yaitu Bandung-Bandara Kertajati, Cirebon-Bandara Kertajati, Sumedang-Bandara Kertajati, Kuningan-Bandara Kertajati, Karawang-Bandara Kertajati, Cimahi-Bandara Kertajati, Purwakarta-Bandara Kertajati dan Indramayu - Bandara Kertajati.

Promosi BIJB Kertajati

Sebelumnya, Pemprov Jawa Barat juga mengajak semua pemangku kepentingan (stakeholders) pariwisata dan influencer (pemengaruh, red) untuk mempromosikan BIJB Kertajati di Majalengka.

Menurut Bey, jika BIJB Kertajati semakin dikenal luas masyarakat, maka sektor pariwisata di Kawasan Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan) akan semakin berkembang.

"Jawa Barat sudah memiliki BIJB yang juga peringkat kedua bandara terluas di Indonesia, dan saat ini kami terus promosi. Tentunya, kami sangat berharap dengan kehadiran bapak dan ibu, Kertajati semakin dikenal dan didatangi," ucap Bey dalam acara Gala Dinner Kertajati Familiarization Trip di Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu, (2/12/2023).

Bey mengeklaim, acara yang dihadiri travel agent, influencer, Gerakan Pesona Indonesia (GenPI), dan sejumlah organisasi kepariwisataan itu, menjadi salah satu bukti nyata komitmen Pemda Provinsi Jawa Barat mempromosikan BIJB Kertajati sekaligus pariwisata Ciayumajakuning.

"Tentunya saat ini media sosial sangat berpengaruh dalam kehidupan kita. Karena pengaruh media sosial, banyak wisatawan yang hadir ke suatu tempat. Adapun salah satu daya tariknya adalah pariwisata Jabar yang sangat beragam, dari mulai gunung, kuliner, fashion, sampai wisata bahari juga ada," ucap Bey.

Bey yakin, dengan kolaborasi yang kuat berbagai pihak, BIJB Kertajati akan semakin dikenal. Sejalan dengan promosi tersebut, Pemda Provinsi Jawa Barat juga akan terus mendorong pengembangan pariwisata di Ciayumajakuning.

"Agar ditingkatkan (fasilitas), pemerintah juga perlu masukan kritikan agar Jabar lebih baik lagi memberikan pelayanan pariwisata," tutur Bey.

Selain itu, Bey juga mendorong promosi Kereta Cepat Whoosh, dan menghubungkan dengan pariwisata Ciayumajakuning. Ia mengusulkan ada paket wisata yang dapat menghubungkan BIJB Kertajati, destinasi wisata Ciayumajakuning, dan kereta cepat Whoosh.

"Kalau ada, akan sangat menarik, karena Whoosh pasarnya bukan hanya domestik, tapi juga Asia Tenggara," terang Bey.

Baca juga:

Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!