NUSANTARA

10 Partai Politik di Banyuwangi Belum Membuat Rekening Dana Kampanye

Baru delapan partai politik yang sudah membuat rekening dana kampanye.

AUTHOR / Hermawan Arifianto

10 Partai Politik di Banyuwangi Belum Membuat Rekening Dana Kampanye
Ilustrasi: Maskot Pemilu 2024 Sura dan Sulu. (Antara/Sigid Kurniawan)

KBR, Banyuwangi- Sepuluh (10) partai politik peserta Pemilu 2024 di Banyuwangi, Jawa Timur, belum membuat rekening dana kampanye. Menurut Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi Ari Mustofa, hingga akhir Oktober, baru delapan partai politik yang sudah membuat rekening dana kampanye.

Kata dia, rekening dana kampanye diperlukan, lantaran menjadi salah satu syarat partai politik dapat mengikuti konstestasi Pemilu 2024.

Selain itu, rekening khusus dana kampanye juga menjadi alat ukur bagi penyelenggara pemilu untuk mengetahui besaran dana kampanye partai politik, baik yang berasal dari perorangan maupun dari perusahaan, termasuk terkait penggunaan dana kampanye.

“Pembukaan rekening khusus dana kampanye itu terakhir satu hari sebelum masa kampanye. Imbauannya mumpung sekarang ini masih menunggu proses DCT, teman-teman partai politik masih proses menunggu alangkah baiknya teman-teman partai politik yang belum membuat rekening khusus dana kampanye kami sarankan untuk segera buat,” ujar Ari Mustofa, Minggu, (22/10/2023).

Anggota KPU Banyuwangi Ari Mustofa menambahkan, batas akhir pembuatan rekening dana kampanye ialah satu hari menjelang masa kampanye dimulai atau sebelum 27 November 2023.

Untuk itu, KPU mengimbau partai politik yang belum membuat rekening dana kampanye segera membuatnya, agar tidak berbenturan dengan tahapan pemilu lain. Sebab, ke depan tahapan pemilu semakin padat dan dikhawatirkan partai politik menemui kendala dalam pembuatannya.

"Supaya nanti tidak menumpuk pekerjaan di pasca-pengumuman DCT. Karena, nanti pasca-pengumuman DCT teman-teman partai politik sudah sibuk pengatur strategi kampanye, belum lagi ngurusi dana kampanye," katanya.

Baca juga:

Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!