NASIONAL

Wapres: Papua Selatan Jadi Sentra Pangan Nasional

Provinsi Papua Selatan akan terus didorong sebagai sentra pangan nasional di timur Indonesia.

AUTHOR / Heru Haetami

EDITOR / R. Fadli

Papua Selatan
Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Merauke, Papua Selatan (4/6/2024). (Foto: Youtube Sekretariat Wapres RI)

KBR, Jakarta - Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta pemerintah kabupaten dan provinsi berkoordinasi dengan baik terkait penggunaan dana otonomi khusus (Otsus) Papua.

Itu disampaikan Wapres dalam acara Tatap Muka dan Dialog Pemerintah dan Masyarakat Provinsi Papua Selatan di Merauke, Papua Selatan, Selasa (4/6/2024).

Wapres bilang, rencana pembangunan masing-masing kabupaten segera dilakukan agar akses pelayanan masyarakat menjadi lebih dekat.

“Tingkatkan kolaborasi, sinergi, dan kerja sama antara kementerian/lembaga dan pemerintah daerah agar terus aktif memastikan tahapan persiapan pembangunan berjalan dengan baik,” ujar Wapres, Selasa, (04/06/2024).

Wapres mengakui, beberapa hal yang menjadi perhatian pemerintah di Papua saat ini, mulai dari pendidikan, telekomunikasi, ekonomi, pelayanan masyarakat, hingga infrastruktur terus dibangun dan dibenahi demi pemerataan pembangunan.

Kata dia, aspek-aspek itu menjadi beban dan tanggung jawab masing-masing pemerintah, mulai dari pemerintah kabupaten, provinsi, hingga pemerintah pusat.

“Saya harapkan, program-program yang menjadi masalah, yang belum teratasi, itu nanti, kalau itu menjadi bagian dari pemerintah pusat, itu akan jadi bagian dari pemerintah pusat,” katanya.

Papua Selatan Sentra Pangan Nasional

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menegaskan, pemerintah terus mengawal langkah-langkah konsolidasi pembangunan di Papua Selatan sebagai provinsi baru di tanah Papua.

Wapres menyatakan, hadirnya Provinsi Papua Selatan yang lokasinya berada di perbatasan antara Indonesia dan Papua Nugini, akan mendorong pergerakan ekonomi masyarakat serta wilayah. Selain itu, kehadirannya juga mendekatkan pelayanan publik hingga ke masyarakat di pelosok perbatasan.

"Sebagai provinsi baru, tentu banyak hal yang harus segera dilakukan. Untuk itu, pemerintah akan terus mengawal langkah-langkah konsolidasi pembangunan untuk Provinsi Papua Selatan ke depannya," kata Wapres.

Wapres juga menyatakan, terkait Rencana Induk Percepatan Pembangunan Papua RIPPP Tahun 2022-2041, Provinsi Papua Selatan akan terus didorong sebagai sentra pangan nasional di timur Indonesia.

Baca juga:

- Kemenko PMK Akui Kemiskinan Ekstrem di Papua Masih Tinggi

- Kasus Malaria Meningkat dalam 10 Tahun Terakhir, Terbanyak di Papua

Editor: Fadli

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!