NASIONAL

Wapres: Indonesia Kaya, Banyak yang Ingin Memecah-belah Bangsa

Pasti orang banyak ingin memanfaatkan. Kalau perlu dipecah-pecah negara ini.

AUTHOR / Heru Haetami

EDITOR / Wahyu Setiawan

Wapres: Indonesia Kaya, Banyak yang Ingin Memecah-belah Bangsa
Wapres Maruf Amin saat menghadiri Pembukaan Habibie Democracy Forum di Jakarta, Rabu (15/11/2023). (Dok Setwapres)

KBR, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mendorong seluruh pihak menjaga kekayaan sumber daya alam yang tidak dimiliki oleh negara lain. Dia mengingatkan supaya rakyat tak mau dipecah-belah oleh kepentingan pihak tidak bertanggung jawab yang ingin memanfaatkan kekayaan alam Indonesia.

"Dan bukan tidak mungkin banyak orang yang ingin memecah-belah bangsa Indonesia. Apalagi Indonesia ini kan kaya. Mana negara kaya seperti Indonesia. Tanamannnya tumbuh di sini, buah-buahanannya, pisangnya saja ribuan varian," kata Wapres saat menerima audiensi Forum Keberagaman Nusantara (FKN) di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis, (25/7/2024).

Wapres juga menyebut ada pihak yang tak ingin rakyat Indonesia rukun.

Sebab kata dia, keberagaman yang dimiliki Indonesia berpotensi memicu perpecahan. Itu sebab, dia meminta perbedaan agama, etnis, dan budaya di tanah air tetap dijaga.

"Pasti orang banyak ingin memanfaatkan. Kalau perlu dipecah-pecah negara ini. Karena itu kita perlu betul-betul jaga bangsa ini," pesannya.

"Hidup dan mati kita menjaganya jangan sampai dirusak orang dan jangan sampai dirusak negeri sendiri karena kepentingan jangka pendek sesaat, kepentingan pribadinya, tapi merusak bangsa ini," imbuh Wapres.

Baca juga: 

          Komentar

          KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!