NASIONAL

Timnas Kalahkan Vietnam 3-0, Jokowi: Rakyat Senang

""Semalam kita nonton sangat-sangat ramai sekali,""

Astri Yuanasari

Kualifikasi Piala Dunia
Ramadhan Sananta (kanan) berselebrasi dengan rekannya Justin Hubner (kiri) usai mencetak gol ke gawang Timnas Vietnam, Hanoi, Selasa (26/03/24). (PSSI)

KBR, Jakarta-  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan rasa senangnya atas kemenangan telak tim nasional sepak bola Indonesia 3-0 atas Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup F  di Hanoi, Vietnam, Selasa (26/03/24). Hal ini disampaikan Jokowi usai meninjau panen padi di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Rabu (27/3). 

Jokowi mengatakan, atas kemenangan ini, seluruh masyarakat Indonesia juga pasti merasa senang.

"Saya kira semua rakyat senang lah, bagaimana kita bisa menang di kandang lawan di My Dinh Vietnam dan dengan angka yang telak tidak terbalas 3-0. Ya semalam kita nonton sangat-sangat ramai sekali," kata Presiden Jokowi dalam keterangannya di Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, Rabu (27/3/2024).

Jokowi mengatakan, dengan kemenangan ini, akan ada peningkatan peringkat timnas Indonesia di FIFA. Kata Jokowi, kemenangan ini juga memperlihatkan perbaikan bertahap dan berkelanjutan dalam struktur sepak bola nasional.

"Ini menunjukkan bahwa akan ada perbaikan ranking, akan ada step by step, akan ada perbaikan-perbaikan terus di Timnas kita, baik yang U20, maupun 23. Semuanya akan terus diperbaiki oleh PSSI yang dikomandani Pak Erick Thohir," kata Jokowi.

Kemenangan ini menempatkan Indonesia di peringkat kedua klasemen sementara Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Kemenangan ini juga membuka harapan baru pada kemajuan sepak bola Indonesia di dunia internasional.

Baca juga:

Sementara itu Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengatakan bahwa dirinya puas dan bangga dengan kemenangan anak asuhnya atas Vietnam. Skuad Garuda mempermalukan tuan rumah Vietnam dengan skor 3-0 di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3) dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 babak kedua grup F zona Asia.

Tiga gol kemenangan Indonesia dicetak oleh Jay Idzes pada menit ke-9, Ragnar Oratmangoen menit ke-23, dan Ramadhan Sananta menit ke-90+8'.

"Kemarin saat pre match conference, saya mengatakan bahwa semua statistik bisa berubah. Hari ini kami melakukannya. Para pemain telah berusaha serta berjuang keras dan sudah melakukan yang terbaik," kata Shin Tae-yong, dikutip dari situs PSSI, Rabu (27/03/24).

Shin Tae-yong mengatakan, performa Vietnam yang tidak baik pada kali ini tidak lepas dari beban yang mereka tanggung usai kekalahan di Jakarta. Dan itu direspons anak asuhnya dengan bermain tenang.

"Tim hari ini lebih rileks saat bertanding, dan mungkin Vietnam juga karena kalah di Jakarta, sehingga pertandingan ini jadi sulit bagi mereka," tambahnya.


Dua pertandingan selanjutnya terakhir grup F, Indonesia akan menjamu Irak serta Filipina pada tanggal 6 dan 11 Juni mendatang.

Editor:  Rony Sitanggang

  • #timnas
  • Timnas Vietnam
  • Kualifikasi Piala Dunia 2026

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • SportStationManiaa month ago

    Thank you for the information, sports are very popular because they are so loved that many people make them a hobby, in every sport there are famous and most expensive players and they have lots of news, for other sports news information, visit our website. https://medium.com/@sakura .ichiru1998

  • CW777a month ago

    We hope our online games can provide you with enjoyable and satisfying entertainment. Feel free to explore each feature and chase big wins with your own luck. Have fun playing and may luck always be on your side, for further information visit this website https://casinowulcan777.com/