NASIONAL

Tim Prabowo-Gibran: Keterangan 4 Menteri Perkuat Dalil Kami

"Bu Sri Mulyani menjelaskan bahwa kami melakukan ini tidak ada kaitannya dengan pilpres,”

AUTHOR / Ardhi Ridwansyah

Sidang sengketa Pilpres
Empat menteri usai mengikuti sidang sengketa hasil Pilpres 2024 di MK, Jakarta, Jumat (05/04/24). (Antara/Galih Pradipta)

KBR, Jakarta-  Tim Pembela Prabowo-Gibran menyampaikan sejauh ini keterangan empat menteri yang dihadirkan oleh MK dalam sidang sengketa Pilpres 2024 memperkuat dalil yang sebelumnya disampaikan. Wakil Ketua Tim Pembela Prabowo-Gibran, Otto Hasibuan mengatakan empat menteri yang dihadirkan tersebut sudah jelas menyatakan bahwa bantuan sosial (bansos) yang diduga dijadikan alat untuk memenangkan Prabowo-Gibran sebagai presiden-wakil presiden oleh Timnas AMIN dan Tim Ganjar-Mahfud tidak terbukti dalam keterangan.

“Bansos ini tidak ada kaitannya dengan terpilihnya seseorang menjadi calon presiden. Bu Sri Mulyani (Menteri Keuangan) juga sudah menjelaskan bahwa tahapan-tahapan pembuatan rancangan Undang-Undang tentang APBN dan bansosnya itu sudah dimulai jauh sebelum adanya pasangan calon presiden. Bahkan tegas Bu Sri Mulyani menjelaskan bahwa kami melakukan ini tidak ada kaitannya dengan pilpres,” ucap Otto usai sidang sengketa Pilpres 2024 di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Jumat (5/4/2024).

Menurut dia, sudah jelas pula bansos digunakan untuk kepentingan membantu masyarakat terutama fakir miskin.

“Jadi saya kira sudah clear lah dari tenggang waktu, dari tahapan, maksud, dan tujuan sudah jelas bahwa bansos ini tidak ada kaitannya dengan pilpres. Bahwa kami tidak perlu capek-capek lagi membuktikan karena langsung empat menteri memperkuat dalil-dalil kami yang membantah tuduhan-tuduhan mereka (Timnas AMIN dan Tim Hukum Ganjar-Mahfud)." Ujar Otto.



Baca juga:


Sebelumnya, majelis hakim Mahkamah Konstitusi (MK) memanggil empat menteri dari Kabinet Indonesia Maju pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Empat menteri itu, Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan, Sri Mulyani, dan Menteri Sosial, Tri Rismaharini.

Mereka diminta untuk memberi keterangan dalam sidang sengketa Pilpres 2024 yang digelar   Jumat, 5 April. Isu penyaluran bansos pun menjadi salah satu yang disorot dalam permohonan Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!