NASIONAL

Tahun Depan, Pemerintah Pangkas Jumlah BUMN Jadi 100

Kementerian BUMN menargetkan memangkas jumlah BUMN menjadi 100 hingga 2014 mendatang. Pemangkasan BUMN ini antara lain dilakukan dengan cara menggabungkan sejumlah BUMN yang memiliki sektor bisnis yang saling berhubungan.

AUTHOR / Rumondang Nainggolan

Tahun Depan, Pemerintah Pangkas Jumlah BUMN Jadi 100
Tahun Depan, Pemerintah Pangkas Jumlah BUMN Jadi 100

KBR68H, Jakarta - Kementerian BUMN menargetkan memangkas jumlah BUMN menjadi 100 hingga 2014 mendatang. Pemangkasan BUMN ini antara lain dilakukan dengan cara  menggabungkan sejumlah BUMN yang memiliki sektor bisnis yang saling berhubungan.

Juru Bicara Kementerian BUMN Faisal Halimi mengatakan, saat ini masih ada sekitar 140 BUMN. Penggabungan diharapkan dapat membuat BUMN menjadi lebih kuat dan daya saingnya meningkat .

"Agar BUMN ini semakin lincah, semakin fokus semakin memenuhi keinginan pemerintah untuk semakin menciptakan keuntungan yang sebesar-besarnya yang nanti akan menjadi deviden bagi negara yang akan disumbangkan bagi APBN kita," terang Faisal dalam perbincangan Sarapan Pagi KBR68H.

Kementerian BUMN berencana menyatukan tiga BUMN yaitu LKBN Antara, Perum Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI) dan PT Balai Pustaka.

Sebelumnya, pemerintah juga menyatukan PT Surveyor Indonesia dan PT Sucofindo serta PT Perkebunan Nusantara (PTPN)1-14 yang digabung menjadi satu BUMN.

 

 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!