NASIONAL

Singkawang Jadi Kota Paling Toleran Tahun 2023

Ini merupakan kali ketiga berturut-turut Singkawang meraih skor indeks Kota Toleran tertinggi sejak 2021.

AUTHOR / Amanda Tities Kiesnaning Putri

65 Kasus Intoleransi Terjadi di Indonesia pada 2019-2023
Warga berswafoto di acara deklarasi kebebasan beragama dan berkeyakinan di CFD Solo, Jawa Tengah, Minggu (21/1/2023). ANTARAFOTO/Maulana Surya

KBR, Jakarta - LSM Setara Institue mencatat Kota Singkawang menjadi kota paling toleran tahun 2023. Kota di Kalimantan Barat itu meraih skor 6,500.

Menurut Setara, Singkawang telah bertransformasi menjadi kota yang kokoh dalam menjaga keragaman Indonesia. Tahun lalu, Singkawang menjadi tuan rumah Festival HAM.

Ini merupakan kali ketiga berturut-turut Singkawang meraih skor indeks Kota Toleran tertinggi sejak 2021.

"Hari ini kami luncurkan apa yang disebut dengan projek ekosistem toleransi di Indonesia dengan memperkuat tiga jenis kepemimpinan. Pertama kepemimpinan politik toleransi, kepemimpinan sosial, dan kepemimpinan birokrasi, kalau wali kotanya hebat kepemimpinannya hebat, birokrasi tidak jalan. Ambruk," ujar Ketua Badan Pengurus Setara Institute Ismail Hasani di Acara Setara Institute Awards, Selasa (30/1/2024).

Indeks kota toleran dihitung berdasarkan empat variabel yakni regulasi pemerintah kota, regulasi sosial, tindakan pemerintah, demografi agama.

Variabel regulasi pemerintah kota meliputi rencana pembangunan (RPJMD) dan ketiadaan kebijakan diskriminatif. Variabel regulasi sosial meliputi ketiadaan peristiwa intoleran dan dinamika masyarakat sipil terkait peristiwa intoleran.

Variabel tindakan pemerintah meliputi pernyataan pejabat kunci tentang peristiwa intoleran dan tindakan nyata pemerintah merespons intoleran. Kemudian variabel demografi agama meliputi heterogenitas keagamaan penduduk dan inklusi sosial.

Baca juga:

Selain itu ada tiga kategori khusus yaitu kota dengan kepemimpinan toleransi terbaik yang diraih oleh Kota Bogor, kota dengan kebijakan toleransi terbaik diraih Kota Banjarmasin, dan Kabupaten Muara Enim sebagai inisiator pengukuran toleransi.

Berikut ini daftar 10 Kota Toleran 2023:

  1. Kota Singkawang: 6,500
  2. Kota Bekasi: 6,460
  3. Kota Salatiga:6,450
  4. Kota Manado: 6,400
  5. Kota Semarang: 6,230
  6. Kota Magelang: 6,220
  7. Kota Kediri: 6,073
  8. Kota Sukabumi: 5,977
  9. Kota Kupang: 5,953
  10. Kota Surakarta: 5,800

Editor: Wahyu S.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!