NASIONAL

Sempat Tak Jelas, Jokowi Pastikan Sidang Kabinet Perdana di IKN 12 Agustus

Soal ruangan sudah. Kalau kursi dan lain-lainnya dari setneg dan sudah di sana semua.

AUTHOR / Heru Haetami, Astry Yuana Sari

EDITOR / Wahyu Setiawan

Sempat Tak Jelas, Jokowi Pastikan Sidang Kabinet Perdana di IKN 12 Agustus
Presiden Joko Widodo (tengah) meninjau ruangan saat berkantor di kompleks Kantor Presiden, IKN, Senin (29/7/2024). ANTARA FOTO/Mentari Dwi Gayati

KBR, Jakarta - Presiden Jokowi bersama menteri Kabinet Indonesia Maju dipastikan menggelar sidang kabinet paripurna perdana di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 12 Agustus mendatang.

Plt Kepala Otorita IKN sekaligus Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengeklaim ruangan dan fasilitas rapat sudah disiapkan.

"Soal ruangan sudah. Kalau kursi dan lain-lainnya dari setneg dan sudah di sana semua," ujar Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin, (5/7/2024).

Basuki mengatakan lokasi untuk sidang kabinet bisa dilaksanakan di Istana Garuda atau Istana Negara. Dia memastikan kedua ruangan itu telah siap.

Basuki bilang, Jokowi akan ke IKN pada 11 Agustus.

Baca juga:

Sebelumnya, rencana Jokowi menggelar sidang kabinet perdana di IKN sempat simpang siur. Beberapa pihak menyebut sidang kabinet semula akan dilangsungkan akhir Juli 2024.

Namun, Jokowi beralasan masih menunggu para menteri yang sedang berada di luar negeri.

"Ratasnya nanti kalau semua menteri sudah ada di tanah air, karena banyak masih yang ada di Paris. (Sidang kabinet perdana rencananya kapan pak?) Ya itu, menunggu menteri-menteri yang ada di luar negeri, agar semuanya ada," kata Jokowi dalam keterangan pers, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (28/7/2024).

Beberapa hari kemudian, Jokowi menyinggung soal fasilitas di Istana IKN sebelum menggelar sidang kabinet.

"Menunggu semuanya siap, komplet, tidak hanya listriknya, tidak hanya airnya, tapi juga AC-nya, kursinya, furniture-nya, semuanya harus komplit, semuanya," kata Jokowi kepada wartawan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis, (1/8/2024).

Kepala negara mengatakan, kondisi ruang rapat di IKN sebenarnya tidak ada masalah, meski fasilitas belum lengkap. Seperti saat dirinya perdana berkantor di IKN akhir Juli lalu.

"Ya kalau saya kan enggak papa, tapi kalau sudah mendatangkan tamu, semuanya harus siap dan komplet," ujarnya.

"Ya tadi dilihat kalau itu sudah siap ya enggak apa-apa diadakan di sana. Kan biar semuanya mengetahui dan merasakan istana di IKN," kata Jokowi.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!