NASIONAL

Selang 2 Hari, Golkar Balik Arah Dukung Airin di Banten

Ketua Umum DPP Partai Golkar, Bahlil Lahadalia beralasan, politik itu dinamis...

AUTHOR / Ardhi Ridwansyah

EDITOR / Sindu

Selang 2 Hari, Golkar Balik Arah Dukung Airin di Banten
Bakal Calon Gubernur Banten Airin Rachmi Diany kembali dapat dukungan dari Partai Golkar. Foto: ANTARA

KBR, Jakarta– Partai Golongan Karya (Golkar) berbalik arah dan kembali mendukung pasangan Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi untuk maju sebagai bakal calon gubernur-wakil gubernur Banten di Pilkada 2024. Dukungan diberikan Golkar lewat surat rekomendasi.

Sikap ini berubah sekitar dua hari, setelah sebelumnya Golkar memberi rekomendasinya ke pasangan Andra Soni–Dimyati Natakusumah, Minggu, (25/8/2024).

Ketua Umum DPP Partai Golkar, Bahlil Lahadalia beralasan, politik itu dinamis sehingga dalam prosesnya tentu terjadi komunikasi dengan pihak lain. Dari situ dukungan ke pasangan tertentu bisa saja dibatalkan. Termasuk ketika Golkar mendukung Airin Rachmi Diany maju Pilgub Banten 2024.

“Ibu Airin adalah anak kandung daripada Partai Golkar, sebagai ibu daripada anak yang melahirkan dan membesarkan rasanya tidak pas kalau kemudian tidak diantarkan oleh ibu kandungnya untuk ikut berkompetisi,” tuturnya di kantor DPP Golkar, Jakarta, Selasa, (27/08/2024).

Kondisi Internal KIM

Bahlil mengeklaim keputusan Golkar balik arah kembali mendukung pasangan Airin-Ade, tak mengganggu situasi di internal Koalisi Indonesia Maju (KIM). Pasangan Andra Soni–Dimyati Natakusumah merupakan kader Gerindra dan PKS. Dua partai itu termasuk anggota KIM.

“Koalisi Indonesia Maju, partai-partai kompak semua dan hubungan kita baik-baik saja dan sampai dengan tadi malam, saya sebagai ketua umum partai berkewajiban mengomunikasikan ini semuanya, semua dalam kerangka kebersamaan dan saya pikir Pak Prabowo maupun Pak Dasco, seorang tokoh besar di bangsa ini, dan ingin mengedepankan kemajuan bangsa,” jelasnya.

PDIP Usung Airin-Ade di Banten

Kemarin, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengumumkan sejumlah nama bakal calon gubernur-wakil gubernur dalam Pilkada 2024, 27 November.

Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan, salah satu yang diumumkan yakni pasangan bakal calon gubernur Banten, Airin Rachmy Diany beserta wakilnya Ade Sumardi.

“Kami akan umumkan calon gubernur dan calon wakil gubernur, mewakili calon kepala daerah. Dari Provinsi Banten, Ibu Airin Rachmi Diany, didampingi oleh Ade Sumardi, ketua DPD PDIP Banten. Jadi, Banten ini sudah bergelora, kemarin rakyat sudah mengukuhkan pasangan ini meski ada hambatan kiri-kanan tetapi harus punya fighting spirit kata Bu Mega,” jelasnya di kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin, (26/8/2024).

Baca juga:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!