NASIONAL

Sambut Ramadan, Wapres: Jaga Persatuan, Hindari Provokasi di Tahun Politik

"Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengingatkan masyarakat menjaga persatuan, perdamaian dan tidak terprovokasi berita bohong atau diadu domba selama tahun politik."

Muthia Kusuma, Heru Haetami

Ramadan
Pengamat mengamati hilal atau bulan sabit muda di menara gedung UNISBA Bandung, Jawa Barat, Rabu (22/3/2023). (Foto: ANTARA/Raisan Al Farisi)

KBR, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengingatkan masyarakat menjaga persatuan, perdamaian dan tidak terprovokasi berita bohong atau diadu domba selama tahun politik, yaitu tahun menjelang dan selama penyelenggaraan Pemilu 2024.

Pesan itu disampaikan Wakil Presiden Mar'uf Amin saat memberikan pernyataan menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1444 Hijriyah.

Ma'ruf Amin juga meminta agar Ramadan ini dijadikan sebagai momentum bersama untuk bijak dalam bertindak dan memperbaiki mentalitas dalam mengendalikan diri.

"Dalam menyambut bulan Ramadan yang mulia dan sama-sama kita rindukan ini, diperlukan persiapan-persiapan maksimal untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan, baik persiapan fisik maupun persiapan mental. Ramadan sudah selayaknya kita jadikan sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas diri kita, bukan semata menahan lapar dan dahaga. Ramadan dapat melatih kecerdasan dan kearifan kita dalam memilih kebaikan dan meninggalkan keburukan," ucap Ma'ruf dalam siaran daring menyambut Ramadan, yang disiarkan di kanal Youtube Wakil Presiden RI, Rabu (22/3/2023).

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengajak umat Islam di Indonesia menyambut Ramadan dengan hati gembira dan penuh syukur. Sekaligus menjadikan Ramadan sebagai momentum bersyukur, karena Tuhan telah membantu Indonesia melewati tantangan berat yang selama ini dihadapi.

Baca juga:


Awal Ramadan jatuh Kamis

Sebelumnya, Kementerian Agama RI menyatakan awal ibadah puasa atau 1 Ramadan 1444 Hijriah jatuh pada Kamis (23/3/2023).

Keputusan itu diambil secara mufakat dari hasil sidang Isbat penentuan awal Ramadan 1444 H yang dipimpin Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Rabu (22/3/2023) malam.

"Tadi kita sepakat secara mufakat bahwa 1 Ramadhan 1444 Hijriah jatuh pada Kamis Tanggal 23 Maret 2023 Masehi " ujar Yaqut membacakan keputusan sidang isbat.

Kemenag telah mengamati posisi hilal atau rukyatul hilal 1 Ramadan 1444 H di 124 titik di seluruh provinsi di Indonesia.

Pemantau hilal itu berasal dari petugas Kanwil Kemenag yang bekerja sama dengan Pengadilan Agama, ormas Islam serta instansi terkait.

"Berdasarkan hisab posisi hilal seluruh Indonesia sudah di atas ufuk, dan telah memenuhi kriteria," kata Yaqut.

Editor: Agus Luqman

  • ramadan
  • lebaran 2023
  • mudik
  • maruf amin

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!