NASIONAL

Salah Input Rekapitulasi Suara 2.300 TPS, Ketua KPU RI: Maaf, Kami Juga Manusia

Lebih dari 2.300 tempat pemungutan suara (TPS) salah memasukkan data hasil penghitungan suara yang terdeteksi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap).

AUTHOR / Resky Novianto

Ada Salah Input 2.300 TPS, Ketua KPU RI: Maaf, Kami Juga Manusia
Ketua KPU RI Hasyim Asyari dan Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (15/2/2024). (Foto: ANTARA/Aditya Pradana)

KBR, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengungkap lebih 2.300 tempat pemungutan suara (TPS) salah dalam memasukkan data hasil penghitungan suara yang terdeteksi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap).

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari berjanji akan terus memperbaiki dan mengoreksi hasil perhitungan suara yang masuk dari seluruh TPS.

"Mohon maaf kalau hasil pembacaannya kurang sempurna dan menimbulkan publikasi yang hitungan hasil konversi dari formulir perhitungan belum sesuai. Sekali lagi pada intinya kami ini, juga KPU, manusia-manusia biasa yang sangat mungkin salah. Tapi kami pastikan kalau salah-salah pasti akan dikoreksi. Yang paling penting KPU ini tidak boleh bohong dan harus ngomong jujur itu aja yang penting," kata Hasyim Asyari di Jakarta, Kamis (15/2/2024).

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengaku telah menginstruksikan ribuan TPS yang salah input untuk segera memperbaikinya, sehingga sesuai dengan data formulir-C Hasil Plano.

Hasyim menegaskan bahwa KPU bekerja penuh tanggung jawab dan terbuka kepada masyarakat terkait penghitungan maupun perolehan suara di Pemilu 2024.

Baca juga:


Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!