Article Image

NASIONAL

Raup Cuan dari Platform X

"Asta Ebrahim pemilik akun @jellypastaa jadi content creator X yang bisa memanfaatkan platformnya dan membuka beberapa keran cuan untuk akunnya."

KBR, Jakarta - Bagi pengguna platform X pasti sudah tidak asing lagi dengan akun @jellypastaa. Akun beravatar bebek kuning ini kerap membagikan trivia-trivia seru soal binatang.

Si pemilik akun @jellypastaa Asta Ebrahim memulainya sejak 2017, saat X masih Twitter. 

Dunia fauna dipilih Asta bukan tanpa sebab. Ia memang akrab dengan topik ini sejak kecil. Keluarganya kerap mengenalkan berbagai jenis satwa lewat buku.

"Memang dari kecil suka dibeliin buku ensiklopedia sama orang tua, banyak yang tertarik dengan fakta-fakta tentang hewan, jadi aku suka nulis tentang hewan-hewan," cerita Asta.

Asta yang rajin mengunggah konten seputar satwa seminggu sekali. Konsistensinya ini berbuah hasil pada Maret 2023 lalu. Konten soal gajah viral ditonton jutaan kali. Akun @jellypastaa pun sontak populer. 

“Di situ pecahnya sampai 8 juta view,” tuturnya.

Baca juga:

Serok Fulus Youtuber, Emang Gampang?

Kepoin Kerjaan MC Profesional

Asta Ebrahim (@jellypastaa) menyebut content creator X perlu tampil sesekali agar tidak disangka akun bot, dan supaya bisa menarik banyak pengikut. (Foto: Dok pribadi)

Setelah viral, Asta makin 'ngebut' bikin konten, thread atau utas. Biasanya diunggah tiap pekan sekali, kini saban hari. Supaya kian produktif, Asta mencari tim untuk membantunya riset soal binatang.

“Aku pernah salah dan dirujak, makanya aku bangun tim, supaya nggak ada salah-salah lagi,” kata Asta.

Selama membuat konten di X, Asta tak bisa pernah memprediksi konten mana yang akan viral. Resep menjadi content creator baginya adalah konsisten.

“Benar-benar harus konsisten dan nge-bangun mood. Aku sampai nabung thread, 30 threads. Jadi setiap harinya tinggal posting-posting. Itu sih mood, konsisten harus nomor satulah,” ujarnya.

Berkat konsistensi yang membuahkan exposure, Asta kini bisa meraih cuan dari akunnya. 

“Misalnya dari endorsement, dari adsense, sama dari produk yang kita tawarkan. Kalau dari X sih monetize-nya itu sudah bisa, kayak Youtube juga,” jelas Asta.

Dengarkan obrolan seru Aline Wiratmaja bareng content creator X Asta Ebrahim di Uang Bicara episode Raup Cuan di Platform X di KBR Prime, Spotify, Apple Podcast, dan platform mendengarkan podcast lainnya.