NASIONAL

Puluhan Kabupaten Kota Tetapkan Status Siaga Darurat Kekeringan

Lebih dari 50 daerah kabupaten kota telah menyatakan berstatus siaga darurat bencana kekeringan.

AUTHOR / Astri Yuanasari

EDITOR / Agus Luqman

status siaga darurat kekeringan, daerah siaga darurat kekeringan, kabupaten kota siaga darurat keker
Warga mengambil air dari lubang yang dibuat di dasar sungai di Grobogan, Jawa Tengah, Minggu (28/7/2024). (Foto: ANTARA/Yusuf Nugroho)

KBR, Jakarta - Lebih dari 50 daerah kabupaten kota telah menyatakan berstatus siaga darurat bencana kekeringan.

Juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari menyebut, puluhan kabupaten kota itu ada di tiga provinsi yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Kabupaten kota yang sudah menetapkan status siaga darurat itu, di Jawa Timur ada 24 kabupaten kota, di Jawa Tengah itu ada total 30, dengan rincian 19 itu sudah menetapkan, kemudian 11 kabupaten kota dalam proses untuk menetapkan. Karena memang efeknya sudah sangat terasa. Di Daerah istimewa Yogyakarta juga sudah menetapkan status siaga darurat kekeringan," kata Abdul Muhari dalam Taklimat Bencana BNPB, Senin (5/8/2024).

Baca juga:

Abdul Muhari mengatakan dalam sepekan terakhir, dari periode 29 Juli hingga 4 Agustus 2024, telah terjadi 21 kejadian bencana secara nasional. Paling banyak adalah kejadian bencana kebakaran hutan dan lahan atau karhutla sebanyak 11 kejadian, disusul empat kejadian banjir, serta kekeringan dan cuaca ekstrem masing-masing tiga kejadian.

Kejadian bencana dalam sepekan terakhir itu dilaporkan oleh 17 provinsi dan 21 kabupaten kota, yang menyebabkan lebih dari 10 ribu orang terdampak dan mengungsi.

Baca juga:


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!