NASIONAL

Puluhan Embung Dibangun untuk Konservasi Air di IKN

Saat ini sudah dibangun lebih dari 30 embung di IKN yang akan memiliki fungsi utama untuk konservasi air.

AUTHOR / Heru Haetami

EDITOR / R. Fadli

Embung
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Plt. Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono. (Foto: ANTARA)

KBR, Jakarta - Pemerintah mempersiapkan pembangunan puluhan embung yang berfungsi untuk konservasi air dan mempercantik Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Plt. Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono mengatakan saat ini sudah dibangun lebih dari 30 embung di IKN yang akan memiliki fungsi utama untuk konservasi air.

"Embung atau riparian Ini fungsinya adalah untuk konservasi air dan kita punya lebih dari 30 embung seperti ini. Mudah-mudahan nanti bisa mempengaruhi microclimate di kawasan IKN ini. Karena akan kita terus mengupayakan dapat membangun riparian-riparian yang seperti ini mungkin mencapai 60 unit," ujar Basuki saat meninjau Embung MBH di Ibu Kota Nusantara, Selasa, (30/7/2024).

Sebelumnya, persoalan air di IKN sempat menjadi alasan Presiden Joko Widodo menunda kepindahan ke sana. Jokowi bilang, Bendungan Sepaku-Semoi yang disiapkan untuk penyuplai air utama belum bisa mengaliri ke Kawasan IKN.

“Sangat optimis untuk pembangunan kantornya, ini masih nunggu air. Airnya Juli, Juli. Kemarin sudah kita resmikan bendungan sepaku, tinggal nunggu pompa untuk mengalirkan ke bangunan di IKN,” ujar Jokowi di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (28/7/2024).

Baca juga:

Jokowi Bantah Pembangunan IKN Proyek Kejar Target

Pembangunan Bandara di IKN Diperkirakan Molor

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!