NASIONAL

Presiden Jokowi: Teruslah Dirawat, 18 Venue PON XXI Senilai Rp811 M

Agar merawat dan memanfaatkan venue yang telah dibangun dengan sebaik-baiknya.

AUTHOR / Astri Septiani

EDITOR / R. Fadli

PON XXI
Stadion Harapan Bangsa di Kota Banda Aceh. (Foto: Youtube Sekretariat Presiden RI)

KBR, Jakarta - Presiden Indonesia Joko Widodo, Senin (9/9/2024) meresmikan rehabilitasi, renovasi dan pembangunan sejumlah venue untuk Pekan Olah Raga Nasional (PON) ke-XXI di Provinsi Aceh, Banda Aceh.

Jokowi menyebut di Provinsi Aceh ada 18 venue PON yang sudah dibangun dan direnovasi dengan biaya anggaran mencapai Rp811 miliar.

Jokowi juga meminta pemerintah daerah yakni provinsi dan kota/kabupaten agar merawat dan memanfaatkan venue yang telah dibangun dengan sebaik-baiknya.

"Saya tidak ingin setelah PON usai, fasilitas yang telah dibangun dengan dana yang sangat besar tadi Rp811 miliar menjadi tidak terawat dan akhirnya rusak. Ini pengalaman dari PON-PON sebelumnya," kata Jokowi di Provinsi Aceh, Banda Aceh, Senin (9/9/2024).

Jokowi meminta Gubernur, Bupati dan Walikota agar mengelola pemanfaatan fasilitas ini secara profesional agar terpelihara dengan baik dan dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu yang panjang. Bahkan hingga puluhan tahun ke depan.

Jokowi juga meminta kepala daerah manfaatkan venue ini sebagai tempat penjaringan dan pembinaan bibit unggul bidang olahraga, serta untuk pelatihan atlet dari Aceh. Selain itu juga untuk meningkatkan prestasi dari cabang-cabang olahraga.

"Untuk nanti bertanding di tingkat nasional maupun internasional," tambahnya.

Baca juga:

Malam Ini, Presiden Jokowi Buka PON XXI Aceh-Sumut 2024, Prabowo Ikut Hadir

Presiden Jokowi Resmikan Empat Seksi Jalan Tol Sigli-Banda Aceh

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!