NASIONAL

Presiden Jokowi: IKN Nyaman Dihuni

Selain itu, IKN juga merupakan "smart city" atau kota yang ditopang teknologi di setiap aktivitasnya.

AUTHOR / Astri Septiani

EDITOR / R. Fadli

IKN
Presiden Joko Widodo sampaikan pengantar Sidang Kabinet Paripurna di Istana Garuda, IKN, Senin (12/8/2024). (Foto: Screenshot Youtube Sekretariat Presiden RI)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo mengeklaim, lingkungan di kawasan Ibu Kota Nusantara IKN sangat sehat. Jokowi merujuk pada indeks kualitas udara yang sangat baik.

Menurut Jokowi, IKN dibangun dengan konsep "kota hutan" atau forest city yang dipenuhi tetumbuhan hijau.

Selain itu, IKN juga merupakan "smart city" atau kota yang ditopang teknologi di setiap aktivitasnya.

Semua itu menjadikan IKN sebagai "liveable city" atau kota yang nyaman dihuni.

"Kita merasakan pagi tadi betapa sangat sejuk, dingin dan segar pada pagi hari ini karena air quality indeksnya memang sangat rendah sekali yaitu di angka 6. Padahal maksimalnya di angka 50. Dan hampir banyak kota sekarang ini sudah di atas 50," kata Jokowi saat memberikan pengantar, pada Sidang Kabinet Paripurna di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Senin (12/8/2024).

Jokowi juga menjelaskan, seluruh aktivitas mobilitas di IKN akan menggunakan kendaraan listrik dan energi hijau. Selain itu, bangunan-bangunannya pun mengarah pada konsep "green building" yang ramah lingkungan. Tak hanya itu, IKN juga ramah bagi pejalan kaki dan pengguna sepeda gowes.

Ditekankan Jokowi, IKN akan menjadi pusat ekonomi hijau dan digital serta mencakup berbagai sektor.

"Ekonomi yang akan dikembangkan di Ibu Kota Nusantara juga ekonomi hijau, ekonomi digital yang akan mengiringi pemerintahan di Ibu Kota Nusantara," tambahnya.

Baca juga:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!