NASIONAL

Pramono Ingin Sejahterakan Ojol, RK Janjikan Pekerjaan untuk Difabel

"Sehingga kalau formal maka pendapatannya (ojol), minimumnya itu UMR, minimumnya. Kemudian diatur bisa lebih dari itu. Dan pemerintah sekarang ini sedang merumuskan itu,” ujar Pramono

AUTHOR / Heru Haetami

EDITOR / Resky Novianto

pilkada
Ilustrasi Surat Suara Pilkada 2024

KBR, Jakarta- Bakal calon gubernur Jakarta, Pramono Anung berjanji bakal mendorong aturan terkait status pekerjaan ojek online atau ojol. Dia bilang, aturan itu nantinya akan menjadikan profesi ojol sebagai pekerjaan resmi berdasarkan undang-undang.

"Sehingga kalau formal maka pendapatannya, minimumnya itu UMR, minimumnya. Kemudian diatur bisa lebih dari itu. Dan pemerintah sekarang ini sedang merumuskan itu,” ujar Pramono di Kawasan CFD Thamrin, Jakarta, Minggu, (15/9/2024).

“Kalau nanti saya menjadi gubernur Jakarta, saya akan mendorong itu sehingga ada kepastian pendapatan dan juga pelayanan kepada ojol ini dilakukan oleh pemerintah," imbuhnya.

Janji Ridwan Kamil

Sementara itu, bakal calon gubernur Jakarta, Ridwan Kamil atau RK, menjanjikan akses pekerjaan yang lebih luas bagi kelompok disabilitas jika terpilih pada Pilgub Jakarta 2024.

Misalnya kata dia, dengan mengeluarkan aturan bagi perusahaan-perusahaan tentang kesempatan kerja yang setara.

"Saya membuat kebijakan equal opportunity employer, jadi mereka perusahaan yang memberikan kesetaraan kepada akses,” ujar RK usai berdialog dengan kelompok disabilitas di Jakarta Minggu, (15/9/2024).

“Jadi mereka harus memberikan akses seluas-luasnya pada saat ada lowongan pekerjaan, kecuali membuktikan 1-2 jenis pekerjaan itu memang tidak bisa oleh kaum disabilitas,"pungkasnya.

Baca juga:

Dharma-Kun Penuhi Syarat Maju Pilkada Jakarta, Dukungan Dikurangi 403

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!