NASIONAL

Perkara Asupan yang Semestinya Dikasih ke Bayi dan Balita

"Bahaya memberikan sembarang makanan ke bayi atau balita dibahas di podcast What's Trending"

Lea Citra

Podcast What's Trending
Podcast What's Trending

KBR, Jakarta- Viral bayi berusia tujuh bulan diberi minum kopi saset oleh orangtuanya hingga jadi sorotan Presiden Joko Widodo. Presiden Jokowi menekankan pentingnya penyuluhan terkait asupan makanan berkualitas bagi bayi dan ibu hamil.

"Saya lihat kemarin yang ramai, bayi baru 7 bulan diberi kopi susu saset, kopi susu saset oleh ibunya. Karena yang ada di bayangan di sini adalah susu itu loh. Anaknya mau diberi susu. Hati-hati mengenai ini. oleh sebab itu sekali lagi yang namanya penyuluhan, penyuluhan, penyuluhan itu penting," kata dia di gedung BKKBN pada 25 Januari 2023.

Ia mengingatkan kualitas keluarga dan Sumber Daya Manusia (SDM), menjadi kunci bagi negara untuk berkompetisi dengan negara lain dan menjadi kekuatan bagi perkembangan ekonomi. Untuk itu, menjamin pemenuhan nutrisi bagi bayi, anak dan balita harus terus disuarakan.

Baca juga:

Jokowi Instruksikan Target Penurunan Stunting Tercapai pada 2024

Ingin Berubah tapi Sulit, Mungkin Masalahnya pada Nature dan Nurture

Sudahkah Kamu “Ngonten” sesuai Etika?

Viralnya video di aplikasi TikTok ini kemudian menggerakkan pihak kepolisian untuk menyelidiki persoalan yang terjadi di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Polrestabes Makassar pun mendatangi orang tua dari pemilik video tersebut untuk dimintai keterangan.

For your information, minuman kopi berbahaya bagi bayi dan anak-anak. Melansir laman Alo Dokter dari Kementerian Kesehatan, pemberian kopi pada bayi dan anak mampu menyebabkan berbagai masalah. Berikut dampak meminumkan kopi ke anak:

1. Insomnia

Kafein di dalam kopi berpotensi membuat bayi dan anak-anak terjaga dan lebih sulit tidur. Kenapa? Karena kafein mampu menghambat kinerja kimia di otak yang bertanggung jawab untuk mengatur tidur.

Selain itu, kafein juga akan meningkatkan produksi hormon adrenalin yang bisa menyebabkan mereka lebih gelisah dan rewel.

2. Peningkatan denyut jantung

Bagi orang dewasa, kopi memang mampu membuat orang lebih melek dan energik. Namun, ketika bayi dan anak-anak diberikan kopi, kafein bisa menyebabkan peningkatan frekuensi denyut jantung, bahkan gangguan irama jantung.

3. Gangguan penyerapan kalsium

Bayi dan anak-anak membutuhkan makanan sehat dengan kandungan gizi seimbang, karena mereka sedang mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat.

Salah satu zat gizi yang diperlukan anak untuk tumbuh optimal adalah kalsium. Selain minim nutrisi untuk anak, kopi juga bisa menghambat penyerapan kalsium dalam tubuhnya.

4. Suasana hati memburuk

Mengonsumsi minuman berkafein, termasuk kopi, juga sering dikaitkan dengan memburuknya suasana hati dan meningkatnya rasa cemas. Jika diberikan kepada anak-anak atau bayi, kopi dapat membuat mereka menjadi lebih rewel dan gelisah.

Nah terkait makanan apa saja yang bisa diberikan pada bayi dan balita? Lalu kekeliruan apa yang ada pada kebiasaan memberikan asupan pada anak? Simak podcast What's Trending bersama Anggota Bidang Ilmiah Persatuan Ahli Gizi Indonesia(PERSAGI), Ni Ketut Aryastami di link berikut ini:

  • kopi dan susu saset
  • kopi buat bayi
  • asupan anak
  • bayi dan balita
  • gizi
  • pemenuhan gizi anak

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!