NASIONAL

Peretasan Akun Instagram Mahfud, TPN Sebut Kecurangan Sistematis

Peretasan mengindikasikan kecurangan kini makin masif.

AUTHOR / Ardhi Ridwansyah

Peretasan Akun Instagram Mahfud, TPN Sebut Kecurangan Sistematis
Ilustrasi: Peretas mencoba membongkar keamanan siber. (Foto: ANTARA/Shutterstock)

KBR, Jakarta– Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud menilai peretasan akun Instagram Mahfud MD sebagai bentuk kecurangan sistematis.

Wakil Kepala bidang Hukum TPN Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis mengatakan tengah menyelidiki peretasan itu, dan akan memulihkan akun Instagram Mahfud.

Menurut dia, peretasan mengindikasikan kecurangan kini makin masif hingga pada taraf meretas akun media sosial seseorang.

“Ini menunjukkan betapa kecurangan itu semakin masif, tidak saja pada percakapan atau instruksi di sebuah pertemuan tetapi juga masuk ke akun-akun personal, akun pribadi Pak Mahfud dan mungkin yang lain juga,” ujar Todung dalam konferensi pers, Rabu, (17/1/2023).

TPN Ganjar-Mahfud akan berupaya menyelesaikan masalah tersebut, namun Todung juga meminta kepolisian proaktif mengusut.

“Ini kan sudah jadi publik, pihak kepolisian tidak bisa hanya mendengar atau menunggu pengaduan. Polisi harus proaktif melakukan penyelidikan dan penyidikan mengenai hal ini,” ujarnya.

Sebelumnya, akun media sosial Instagram milik Calon Wakil Presiden nomor urut 3 Mahfud MD diretas pada Selasa sore, 16 Januari 2024.

Unggahan terakhir akun @mohmahfudmd itu menampilkan video beberapa orang dengan seragam militer saling menyundul bola. Video itu disertai unggahan dengan huruf dan bahasa asing.

Baca juga:

Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!