Pada 3 April 2025, tercatat kedatangan penumpang KA mencapai 48 ribu lebih orang, dan diperkirakan akan terus meningkat hingga 6 April 2025
Penulis: Hoirunnisa
Editor: R. Fadli

KBR, Jakarta - Jumlah penumpang kereta api pasca-Lebaran masih menunjukkan angka yang tinggi. Berdasarkan data dari Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, pada 3 April 2025, tercatat kedatangan penumpang KA mencapai 48 ribu lebih orang, dan diperkirakan akan terus meningkat hingga 6 April 2025.
Ixfan menjelaskan, selama masa angkutan lebaran yang dimulai sejak 21 Maret 2025, KAI berhasil memastikan ketepatan waktu, keselamatan, dan kelancaran perjalanan kereta api. Hingga 3 April 2025, tercatat ada 1.870 perjalanan kereta api yang telah dilakukan, dengan 800 ribu tempat duduk terjual dari total kapasitas 1 juta lebih tempat duduk yang disediakan.
“Yang kami prediksi mulai dari tanggal 4 sampai dengan tanggal 6 April itu, volumenya cukup tinggi. Jadi kalau untuk kedatangan, bisa kami sampaikan perhari ini, itu di DAOP 1 terakumulasi dari tanggal 21 sampai dengan tanggal 11 April 2025, data kami sementara menunjukkan sebanyak 704.765. Ada pun kalau misalkan sebagian yang bisa kami rincikan, kedatangan hari ini lumayan cukup tinggi, jadi tanggal 3 April 2025 ada nanti sampai dengan nanti malam 48.823. ,” ujar Ixfan dalam keterangannya, Kamis (3/4/2025).
Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko menambahkan, meskipun sejumlah tiket telah terjual habis, sejumlah keberangkatan kereta api dari Jakarta menuju timur Indonesia, seperti Jawa Timur, masih tersedia hingga 11 April 2025.
Hal ini menunjukkan, meskipun volume perjalanan padat, KAI masih mampu mengakomodasi sebagian penumpang yang belum mendapatkan tiket sebelumnya.
“Meskipun ada penumpukan, kami tetap memastikan penumpang dapat tiba dengan aman di tujuan mereka. Kami juga terus memantau kepadatan di stasiun dan kereta api, serta memastikan kelancaran arus penumpang,” tambah Ixfan.
Dalam rangka mendukung kelancaran angkutan Lebaran, Ixfan mengatakan KAI juga memperkuat pengawasan dengan penempatan petugas di sejumlah posko. Seperti, petugas customer service dan pengamanan di stasiun.
Ixfan mengingatkan kepada penumpang agar selalu memperhatikan barang bawaan mereka dan memeriksa kembali barang-barang pribadi, seperti handphone dan laptop, sebelum turun dari kereta. Ia juga mengimbau agar penumpang tetap tertib dan mengikuti arahan petugas agar tidak terjadi kepadatan yang berlebihan di area stasiun.
Dengan upaya-upaya tersebut, diharapkan angkutan mudik dan balik Lebaran dapat berjalan lancar, aman, dan nyaman bagi seluruh penumpang.
Baca juga:
Layanan Mudik Tak Ramah Anak, Laporkan ke KPAI