NASIONAL

Pengangguran Terbuka Didominasi Kelompok Terpelajar

lulusan universitas atau Strata 1 sebesar 9,31 persen. Lulusan Diploma sebanyak 2,20 persen

AUTHOR / Hoirunnisa

pengangguran
Demonstran menggelar aksi teatrikal memprotes tingginya angka penganggguran, di Banten, Rabu, (4/10/2023). (FOTO: Antara/Asep Fathulrahman/Spt).

KBR, Jakarta - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) mengungkap angka pengangguran didominasi angkatan kerja terpelajar. Menteri Ketenagakerjaan, Ida fauziyah mengatakan, angkatan kerja dengan latar belakang pendidikan tinggi masih minim. Ia memerinci, lulusan universitas atau Strata 1 sebesar 9,31 persen. Lulusan Diploma sebanyak 2,20 persen dan SMK 11,31 persen.

"Pengangguran kita itu malah disumbangkan oleh tenaga kerja yang berbackground pendidikan tinggi dan pendidikan menengah, SMK, SMA sampai sarjana itu punya kontribusi yang cukup signifikan terhadap pengangguran kita. Sementara di sisi yang lain kita mempunyai PR, Angkatan kerja kita itu justru didominasi oleh saudara-saudara kita yang tingkat pendidikannya SMP kebawah," ujar Menteri Ketenagakerjaan, Ida fauziyah dalam Pembekalan Tenaga Kerja Sukarela Pendamping Tenaga Kerja Mandiri Pemula Tahun 2023, pada kanal Youtube Kemenaker, Rabu (11/10/2023).

Baca juga:

    Menteri Ketenagakerjaan, Ida fauziyah menjelaskan, pengangguran dapat memicu efek berganda seperti kemiskinan hingga kerawanan sosial. Oleh karena itu, Ida menyebut perlu ada upaya penciptaan lapangan pekerjaan yang tepat, apalagi Indonesia akan menghadapi lonjakan bonus demografi pada 2030.

    Terlebih, kata Ida, saat ini situasi global tengah memanas imbas perang antar-negara, seperti Israel-Palestina yang bakal menambah beban perekonomian Indonesia.

    Baca juga:

    Menurut Ida, secara umum tingkat pengangguran terbuka di Indonesia per Februari 2023 menurun pada angka 5,45 persen dari sebelumnya 5,83 persen. Artinya, saat ini pengangguran terbuka mencapai 7,99 juta pengangguran.

    Meksi menurun, angka pengangguran terbuka masih lebih tinggi ketimbang data pada 2019, sebelum pandemi COVID-19. Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS) angka pengangguran terbuka 2019 mencapai 7,05 juta atau 5,28 persen.

    Editor: Muthia Kusuma

    Komentar

    KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!