NASIONAL

Pengamat: Wajar Kalau Aceng Fikri Terpilih

Sebelumnya Aceng Fikri dicopot dari jabatannya sebagai Bupati Garut karena pernikahan singkatnya dengan gadis remaja.

AUTHOR / Ninik Yuniati

Pengamat: Wajar Kalau Aceng Fikri Terpilih
Aceng Fikri, DPD, Garut

KBR68H, Jakarta - Pengamat politik Indo Barometer Muhammad Qodari menilai wajar terpilihnya Aceng Fikri sebagai anggota DPD dari Jawa Barat dalam Pemilu Legislatif. 


Menurut Qodari, Aceng memiliki basis massa yang kuat di akar rumput. Sewaktu maju sebagai Bupati Garut pun, kata Qodari, dukungan warga sangat besar. 


“Pertama, Aceng dikenal oleh masyarakat. Masyarakat ketika mereka tidak punya referensi mengenai calon ya mereka akan memilih yang kenal, ini terutama penting dalam konteks DPD yang relatif tidak sepopuler DPR, itu yang pertama,” jelas Qodari. 


Qodari mengingatkan, Aceng Fikri juga bisa terpilih lantaran masih ada kelompok masyarakat yang tidak punya cukup banyak pengetahuan atau informasi soal calon DPD yang lain. 


Hasil rekapitulasi KPU Jawa Barat menunjukkan Aceng Fikri lolos sebagai anggota DPD dengan 1,3 juta suara. Terpilihnya Aceng menuai banyak kecaman, termasuk dari aktivis perempuan. Tahun lalu DPRD Garut mencopot Aceng Fikri dari kursi Bupati Garut karena pernikahan singkatnya dengan seorang gadis remaja. Surat pemberhentian Aceng ditandatangani langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.


Editor: Citra Dyah Prastuti 


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!