NASIONAL

Pemudik 123 Juta Orang, Infrastruktur Belum Maksimal

"Mulai dari penyempitan jalan, penerangan jalan, hingga proyek perbaikan jalan yang masih juga belum selesai."

AUTHOR / Heru Haetami

pemudik
Antrian kendaraan di GT Cikampek Utama, Purwakarta, Jabar (28/4/2022). (Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat)

KBR, Jakarta - Polri mengungkapkan sejumlah kekurangan masih ditemukan di sepanjang jalur arteri pantai utara (Pantura) maupun pantai selatan (Pansela).

Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Aan Suhanan menjelaskan, temuan itu antara lain mulai dari penyempitan jalan, penerangan jalan, hingga proyek perbaikan jalan yang masih juga belum selesai.

Kondisi itu diketahui dari survei yang dilakukan Korlantas sejak Januari hingga Februari 2023.

"Banten sampai Sukabumi itu 12 jam kurang lebih pada saat survei, namun mulus jalannya. Kemudian beberapa jalan juga ada penyempitan. Untuk lampu penerangan dan sebagainya belum kita rekomendasikan. Kemudian di Pantura sendiri masih ada beberapa pekerjaan proyek jalan maupun jembatan yang belum selesai dan yang tidak akan selesai sampai lebaran nanti itu ada satu jembatan di daerah Brebes. Sudah diantisipasi karena nanti bisa difungsikan untuk jembatan tersebut namun belum maksimal," kata Aan dalam acara dialog publik "Keterjangkauan Pangan, Kesiapan Sarana dan Prasarana Transportasi Publik Jelang Mudik Lebaran 2023", di Jakarta, Selasa (28/3/2023).

Kendati demikian, Aan Suhanan memprediksi, lebih 50 persen kendaran mudik akan melakukan mobilitas melalui jalur tol.

Itu sebab ia meminta pengelola jalan tol mempersiapkan infrastruktur untuk mengantisipasi lonjakan pemudik.

"Perilaku pengemudi atau perilaku pemudik ingin cepat sampai ke tujuannya, otomatis 50 persen lebih pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, bus maupun kendaraan sewa ini akan menggunakan jalan tol sebagai sarananya. Jadi ini perlu kesiapan ya dari pengelola jalan tol dari stakeholder yang terkait untuk mengantisipasi lonjakan angka pemudik di tahun ini," katanya.

Pansela Kurang Infrastruktur Keselamatan

Aan menyebut, kondisi jalan di Jalur Pansela cukup bagus tapi fasilitas keselamatan masih kurang. Sedangkan di jalan arteri Pantura ada beberapa ruas jembatan yang menyempit. Ada juga satu jembatan di Pamali, Brebes yang masih terbatas untuk difungsikan saat arus mudik.

Aan juga menjelaskan hasil survei tol Pantura.

"Dari Jakarta sampai Surabaya memang ada beberapa ruas jalan yang masih perlu diperbaiki. Mudah-mudahan H-10 sudah selesai. Di Cikampek di KM 57 dan seterusnya. Di jalur Cipali juga masih ada beberapa jalan yang rusak. Mudah-mudahan selesai H-10. Beberapa rest area juga perlu ada penambahan kapasitas," ujar Aan.

Aan menambahkan, untuk survei pelabuhan disimpulkan bahwa kapasitas dermaga masih terbatas. Selain itu, untuk mengantisipasi kepadatan di Pelabuhan Merak, kini terus disiapkan Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan Panjang.

Baca juga:

- Polri: Tak Ada PPKM, Jumlah Pemudik Diprediksi Melonjak

- Kemenhub Gelar Mudik Lebaran Gratis 2023 untuk Pengguna Motor

Korlantas Polri juga menyiapkan rest area di kilometer 43 dan 68 menuju Merak, untuk proses penundaan keberangkatan. Untuk mengurai kepadatan kendaraan di Pelabuhan Merak, rest area kilometer 97 yang difungsikan untuk mengendapkan kendaraan, hingga kini masih belum siap.

Sebelumnya Kementerian Perhubungan menyampaikan, potensi pergerakan pemudik tahun ini diperkirakan lebih dari 123 juta orang atau naik 44% dibandingkan tahun lalu.

Editor: Fadli

  • pemudik
  • pantura
  • korlantas polri
  • pansela
  • idulfitri

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!