BERITA

Pemprov Papua Klaim Bantuan untuk Korban Embun Beku Lebih dari Cukup

Juru Bicara Gubernur Papua, Lamadi de Lamato menyatakan, bantuan pada warga korban sangat mencukupi dan sesuai kebutuhan,

AUTHOR / Aika Renata

Juru Bicara Gubernur Papua, Lamadi de Lamato. Foto: Antara
Juru Bicara Gubernur Papua, Lamadi de Lamato. Foto: Antara

KBR,Jakarta- Pemerintah Provinsi Papua menampik tudingan kurangnya bantuan bagi warga korban embun beku di Kabupaten Lanny Jaya. Juru Bicara Gubernur Papua, Lamadi de Lamato menyatakan, bantuan pada warga korban sangat mencukupi dan sesuai kebutuhan. Meski begitu kata dia, penyaluran bantuan tersebut terkendala lokasi bencana yang terisolasi. Lamadi menambahkan warga sudah dievakuasi dan tertangani dengan baik.

"Terkait bantuan, kami sebenarnya berlebihan. Persoalannya, daerah yang terkena bencana itu daerah yang terisolasi, sulit dijangkau. Sejauh ini tidak ada lagi riak-riak disana. Mudah-mudahan sudah tertangani. Gubernur sudah perintahkan dan biasanya setelah Gubernur perintahkan, semua turun tangan. Dan saya pikir mudah-mudahan ini sudah tertangani," kata Lamadi de Lamato, Rabu (22/7/2015). 


Sebelumnya, aktivis Yayasan Somatua Papua, Maximus Tipagau mengatakan bantuan dari Pemda yang diterima korban hingga saat ini baru berupa beras. Padahal menurut dia, ada kebutuhan lain berupa obat dan pakaian tebal yang sangat dibutuhkan warga korban embun beku untuk bisa bertahan hidup.

Sejak pertengahan Juli lalu, Pemerintah Daerah Papua menetapkan status darurat bencana cuaca ekstrem di tiga distrik di Kabupaten Lanny Jaya. Cuaca ekstrem itu mengakibatkan 11 orang meninggal.

Editor: Malika

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!