NASIONAL

Pembangunan Bandara di IKN Diperkirakan Molor

Karena kami tidak akan melakukan satu kegiatan konstruksi yang nantinya gagal konstruksi.

AUTHOR / Astri Septiani

EDITOR / Wahyu Setiawan

Pembangunan Bandara di IKN Diperkirakan Molor
Presiden Jokowi (kanan) menjawab pertanyaan watawan saat perdana berkantor di IKN, Senin (29/7/2024). ANTARA FOTO/Mentari Dwi Gayati

KBR, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memperkirakan pembangunan bandara di Ibu Kota Nusantara (IKN) berpotensi molor. Bandara itu sebelumnya ditargetkan bisa beroperasi saat perayaan HUT RI di IKN. 

Budi mengeklaim telah melaporkan hal itu saat rapat bersama Presiden Jokowi di Istana Garuda, IKN. Kata dia, Presiden meminta setiap pekerjaan pembangunan di IKN tidak terlalu dipaksakan.

"Itu suatu poin yang baik, melegakan, karena kami tidak akan melakukan satu kegiatan konstruksi yang nantinya gagal konstruksi. Itu secara profesional harus kami pertanggungjawabkan sebagai pemerintah," ujar Budi di IKN, Senin (29/7/2024).

Budi kini menargetkan bandara di Nusantara rampung bertahap pada akhir Agustus.

Dia menambahkan, kereta api ringan (ART) telah tiba di Balikpapan dan akan memulai uji coba pada 5 Agustus 2024.

Saat rapat dengan Presiden, Budi juga melaporkan tentang pemindahan Teluk Balikpapan dan kolaborasi untuk mengintegrasikan transportasi dari Balikpapan ke IKN. Kata dia, teknologi pemantauan pergerakan juga sedang dipersiapkan untuk mendukung transportasi di kawasan IKN.

"Kami kolaborasi dari Balikpapan ke sini, kami yang tanggung jawab, di dalam OIKN. Tetapi kami juga menyiapkan APMS atau teknologi pemantauan pergerakan di OIKN. InsyaAllah dalam waktu dekat ini juga selesai," ucap Budi.

Baca juga:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!