NASIONAL

Pekan Depan, Komisi Tenaga Kerja DPR Datangi Freeport

Komisi Tenaga Kerja DPR bakal mendatangi lokasi longsor terowongan tambang bawah tanah PT Freeport Indonesia di Papua. Kunjungan akan dilakukan Senin pekan depan.

AUTHOR / Nur Azizah

Pekan Depan, Komisi Tenaga Kerja DPR Datangi Freeport
Komisi Tenaga Kerja DPR, Freeport

KBR68H, Jakarta – Komisi Tenaga Kerja DPR bakal mendatangi lokasi longsor terowongan tambang bawah tanah PT Freeport Indonesia di Papua. Kunjungan akan dilakukan Senin pekan depan.

Ketua Komisi Tenaga Kerja DPR Ripka Tjiptaning mengatakan, kunjungan itu sebagai bentuk pengawasan terhadap perusahaan tambang terbesar asal Amerika itu. Selain ke Freeport, kata Ripka, DPR juga akan mengunjungi perusahaan tambang PT Newmont Nusa Tenggara di Nusa Tenggara Timur.

“Makanya Komisi 9 mau On the spot,mau kunjungan spesifik ke Freeport dan ke Newmont NTB. Senin depan. (ESDM bilang itu bukan sumur tua tapi tempat latihan pekerja?) Mau latihan atau apa itu bangsa Indonesia. Kewajiban Negara untuk melindungi. Jangan argumentasinya latihan atau apa. Nha ini salah satu kunjungan spesifik K3,” tegas Ribka kepada KBR68H.

Terowongan tambang bawah tanah di kawasan Big Gosan Tembagapura Papua mengalami longsor dan menutup ruang kelas tempat pelatihan pekerja tambang. Hingga kini sudah ada 21 orang ditemukan tewas, dan sejumlah orang masih terjebak reruntuhan.

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!