NASIONAL

PB IDI: Masalah Kesehatan Bukan Hanya Jumlah dan Kualitas Dokter

Masuknya dokter asing akan memunculkan masalah baru, jika tidak disertai kajian yang matang.

AUTHOR / Naufal Nur Rahman

EDITOR / R. Fadli

PB IDI
Ketua Umum PB IDI Adib Khumaidi. (Foto: antaranews)

KBR, Jakarta - Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia PB IDI menilai masuknya dokter asing tidak serta merta bisa menyelesaikan permasalahan industri kesehatan dalam negeri.

Ketua Umum PB IDI Adib Khumaidi justru khawatir masuknya dokter asing akan memunculkan masalah baru, jika tidak disertai kajian yang matang.

"Sehingga kalau kemudian sekarang kita bicara terkait dengan masalah kondisi yang real. Saya kira kami ini adalah orang-orang lapangan yang tentunya sangat paham tentang apakah kemudian permasalah-permasalahan ini bisa hanya selesai hanya dicatok dengan satu pengantar, sudahlah kasih aja dokter asing, ya tidak semudah itu. Perlu ada kajian lebih dalam," ucap Adib.

Ketua Umum PB IDI Adib Khumaidi mengatakan, masalah yang dihadapi sektor kesehatan Indonesia bukan hanya soal jumlah atau kualitas tenaga dokter. Menurutnya, ada masalah lain yang tak kalah penting yakni infrastruktur alat kesehatan, obat, dan pembiayaan.

Baca juga:

PB IDI Meminta Pemerintah Tidak Obral Izin Praktik Dokter Asing

PB IDI: Konsep Naturalisasi Dokter Spesialis Asing Tak Ancam Dokter Lokal

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!