NASIONAL

Mundur, Jokowi Terima Mahfud MD Sore Ini

"Saya sangat menghargai. Nanti sore mungkin ketemu dengan Pak Mahfud,"

AUTHOR / Yudha Satriawan, Heru Haetami

Mahfud MD mundur
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD saat menghadiri kampanye di Banda Aceh, Rabu (31/01/24) malam. (Antara/Irwansyah Putra)

KBR, Jakarta-  Presiden Joko Widodo memastikan akan bertemu dengan Menko Polhukam Mahfud MD, terkait rencana mundur dari kabinet. Jokowi katakan, rencana pertemuan dengan mahfud akan dilakukan sore ini.

"Itu hak (Mahfud mundur) dan saya sangat menghargai, saya sangat menghargai. Nanti sore mungkin ketemu dengan Pak Mahfud," kata Jokowi dalam keterangan pers usai mengecek harga pangan di Wonogiri, 1 Februari 2024.

Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyatakan dirinya akan mundur dari Kabinet Indonesia Maju (KIM).

Calon Wakil Presiden nomor urut tiga itu menyebut, dirinya tidak akan bersikap "tinggal glanggang colong playu', sebuah pepatah Jawa yang berarti "lari dari tanggungjawab" saat memutuskan mengundurkan diri dari jabatan menteri.

Baca juga:

Mahfud mengatakan, dirinya diberi tugas dengan hormat oleh Jokowi sebagai  Menkopolhukam, maka ketika undur diri, dia juga mesti melakukan hal sama. Mahfud ingin mengedepankan etika dalam proses pengunduran diri.

Mahfud bakal memberikan surat ke presiden yang isinya terkait masa depan politik dirinya yang kini jadi perbincangan publik.

“Oleh sebab itu karena kami diberi tugas dan menerima tugas dengan saling menghormati maka saya tidak akan tinggal glanggang colong playu (lari dari tanggungjawab), saya akan pamit baik-baik dan akan saya sampaikan surat ini begitu saya dijadwalkan diterima oleh presiden,” kata Mahfud di Pura Ulun Danu. Lampung Tengah, Rabu, (31/1/2024).

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!