NASIONAL

MK Pastikan Sidang Sengketa Pemilu PHPU Transparan

MK memastikan sidang sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) berjalan transparan dan prosesnya bisa diikuti oleh seluruh masyarakat.

AUTHOR / Astri Yuanasari

MK Pastikan Sidang Sengketa Pemilu PHPU Transparan
Aksi pengunjuk rasa mendesak hak angket pemilu di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (19/3/2024). (Foto: ANTARA/Risyal Hidayat)

KBR, Jakarta - Mahkamah Konstitusi (MK) memastikan sidang sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) berjalan transparan dan prosesnya bisa diikuti oleh seluruh masyarakat.

Juru bicara MK Fajar Laksono mengatakan, masyarakat bisa memantau seluruh proses sidang penyelesaian sengketa.

Fajar mengatakan MK berharap putusan nanti bisa menjadi putusan yang terbaik dan membuat suasana pascapemilu menjadi semakin kondusif.

"Diikuti saja prosesnya, hukum acaranya, karena semua prosesnya saya kira terbuka, persidangannya terbuka. Semua proses itu bisa dimonitor oleh seluruh rakyat Indonesia atau bahkan mungkin seluruh dunia. Jadi tentu kami berharap supaya proses-proses di Mahkamah Konstitusi ini sekiranya ditempuh, dapat berjalan dengan lancar, dengan aman, dengan damai," kata Fajar kepada KBR, Selasa (19/3/2024).

Mahkamah Konstitusi menyatakan sudah siap menangani sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) 2024.

Juru bicara MK, Fajar Laksono menyebut, MK sudah melantik seluruh gugus tugas yang secara khusus mendukung MK menangani perkara.

Gugus tugas tersebut mencakup komponen pegawai MK yang akan bertugas mengurus registrasi, berkas perkara, koordinator risalah persidangan, administrasi kepaniteraan, hingga pengamanan.

Baca juga:


Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!