NASIONAL

Menparekraf Sesalkan Kasus Pelecehan Seksual TN Gunung Halimun

"Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengecam kasus pelecehan seksual terhadap pengunjung wisata Gunung Halimun. Ia menyatakan kasus itu tidak bisa ditoleransi dan perlu efek jera."

Hoirunnisa

pelecehan seksual
Ilustrasi. (Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak)

KBR, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengecam kasus pelecehan seksual terhadap pengunjung wisata Gunung Halimun. Ia menyatakan kasus itu tidak bisa ditoleransi dan perlu efek jera.

Kasus pelecehan seksual tersebut terjadi wisata Kawah Ratu, Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Bogor, Jawa Barat.

Kata Sandi, efek jera diperlukan agar tidak terjadi hal serupa sebab perlunya kolaborasi semua pihak menghadirkan wisata yang aman dan nyaman.

"Kita juga dinas pariwisata daerah, pemerintah pusat, dan pelaku wisata harus menciptakan destinasi ini bener-bener berkelas dunia, jangan sampai hal-hal tersebut terulang kembali dan SOP keamanan dan kenyamanan harus berbasis SNI CHSE (Standar Nasional Indonesia - Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability)," kata Menteri Parekraf, Sandiaga Uno pada The Weekly Brief with Sandi Uno di kanal Youtube Kemenparekraf, Senin (30/1/2023).

Baca juga:


Sebelumnya, peristiwa ini diungkap oleh korban melalui akun Instagramnya @irenedea.f dan viral di media sosial.

Irene selaku korban mengungkapkan bahwa pelaku kekerasan seksual adalah pria yang diduga merupakan petugas dari TNGHS.

"!! HATI-HATI PELAKU KEJAHATAN S*KSUAL !! Pada tanggal 22 Januari 2023 telah terjadi S*exual Harassmen* yang dilakukan oleh seorang oknum kepada saya sendiri dan adik-adik saya. Kejadian bertempat di Kawah Ratu Taman Nasional Gunung Halimun Salak jalur Pasir Reungit, Gunung Bunder, Bogor," tulis Irene melalui akun Instagram @irenedea.f.

Dia mengatakan, kejadian ini terjadi pada Minggu (22/01/2023) saat ia dan keluarganya serta rekan-rekannya sedang mengunjungi Kawah Ratu.

Pelecehan seksual tersebut nonverbal terjadi tidak hanya pada dirinya. Menurutnya, pelaku juga melakukannya kepada adik-adik Irene berupa tindakan memfoto bagian tubuhnya dan adik-adiknya lalu membagikan di sebuah grup WhatsApp.

Editor: Agus Luqman

  • kekerasan seksual
  • pelecehan seksual
  • pariwisata

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!