NASIONAL

Menkeu: Lonjakan Inflasi Pangan Pukul Masyarakat Miskin

"Lonjakan inflasi pangan diyakini sangat berdampak pada kelompok masyarakat miskin."

Astri Septiani

Inflasi Pangan
Menkeu Sri Mulyani saat rapat kerja dengan Komisi XI DPR (19/3/2024). (Foto: Youtube Komisi XI DPR RI)

KBR, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengingatkan semua pihak untuk mengantisipasi lonjakan inflasi pangan bergejolak atau "volatile food". Lonjakan inflasi pangan diyakini sangat berdampak pada kelompok masyarakat miskin.

"Namun kita lihat dan harus mewaspadai terhadap komponen inflasi yang berasal dari pangan yang pasti akan menggerus terutama kelompok paling miskin. Ini yang harus kita lihat terhadap tujuan pemerintah untuk menurunkan kemiskinan terutama ekstrem pada level mendekati 0 persen," jelas Sri Mulyani dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, Selasa (19/3/2024).

Menkeu menambahkan, beras menjadi salah satu komoditas pangan yang menjadi perhatian pemerintah. Pengendalian harga beras sudah dilakukan dengan impor dan operasi pasar.

Baca juga:


BPS Klaim Harga Beras Sudah Menurun

Harga Beras Diklaim Sudah Turun, Tapi (Masih) Mahal

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, ada sejumlah komoditas yang perlu diwaspadai pemerintah yakni telur ayam, daging ayam, minyak goreng, bawang putih dan cabai rawit. Pelaksana Tugas Kepala BPS, Amalia Adininggar mengatakan, komoditas-komoditas tersebut mengalami kenaikan harga di sejumlah wilayah.

Editor: Fadli

  • BPS
  • Beras
  • Harga Beras
  • Badan Pusat Statistik

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!