NASIONAL

Menkeu Gelar Rapat Bahas Dampak Serangan Iran ke Israel

"Menkeu Sri Mulyani menggelar rapat pada Minggu (14/4/2024) malam, membahas perkembangan global pascaserangan Iran ke Israel."

Astri Yuanasari

Menkeu Gelar Rapat Bahas Dampak Serangan Iran ke Israel
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: ANTARA/Puspa Perwitasari)

KBR, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menggelar rapat dengan para pejabat Kemenkeu pada Minggu (14/4) malam, untuk membahas perkembangan situasi ekonomi dan keuangan global, menyusul serangan Iran ke Israel.

"Perkembangan situasi ekonomi dan keuangan global dan tensi geopolitik yang sangat tinggi bergerak cepat dan dinamis. Kondisi ini mempengaruhi berbagai indikator ekonomi yang perlu diantisipasi dan diwaspadai," tulis Sri Mulyani dalam unggahan di Instagram pribadinya @smindrawati, Minggu (14/4/2024).

Sri Mulyani mengatakan, APBN akan terus menjadi instrumen yang penting dalam menghadapi gejolak dan dinamika global dan nasional.

Selain itu, ia bersama pejabat Kemenkeu juga membahas persiapan pertemuan G20 dan Spring Meeting IMF-World Bank yang akan berlangsung pekan depan.

Dalam unggahan tersebut, tampak sejumlah pejabat Kemenkeu yang turut hadir dalam pertemuan, seperti Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara, Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo, Direktur Jenderal Anggaran Isa Rachmatawarta, dan Staf Khusus Menkeu Yustinus Prastowo.

Baca juga:

Pada Sabtu malam, di sejumlah wilayah di Israel terdengar raungan sirine menandakan adanya serangan udara. Sirine ini menjadi penanda bagi warga untuk masuk ke tempat perlindungan. Saat itu juga terdengar suara sejumlah letusan saat pertahanan udara Israel diaktifkan. Drones dan misil ditembak jatuh oleh tentara Israel dan sekutu sebelum masuk wilayah Israel.

Dikutip dari BBC, serangan udara ke Israel itu berasal dari Iran, Irak, Suriah dan Yaman. Sedangkan di kubu Israel, Amerika Serikat, Inggris dan Yordania ikut membantu menghadang serangan udara.

Menurut militer Israel, Iran meluncurkan lebih dari 300 drone dan misil rudal jarak jauh. Jarak terdekat Iran ke Israel sekitar 1000 kilometer, yang melintasi Irak, Suriah dan Yordania.

Pada Sabtu (14/4/2024), nilai tukar rupiah melemah dan menembus posisi Rp16.000 per 1 dolar Amerika Serikat.

Editor: Agus Luqman

  • Israel
  • Palestina

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!