NASIONAL
Mendikdasmen: Untuk Perluas Akses Pendidikan, Perbanyak Rumah Belajar
Dia pun menyebut kelompok disabilitas maupun masyarakat terpinggirkan juga menjadi sasaran guna mendapat layanan pendidikan bermutu.

KBR, Jakarta – Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah, Abdul Muti mengatakan pihaknya berencana untuk membangun sekolah baru maupun rumah belajar di daerah-daerah.
Hal ini dilakukan guna memberikan akses layanan pendidikan bagi anak-anak terutama di daerah terpencil.
Dia pun menyebut kelompok disabilitas maupun masyarakat terpinggirkan juga menjadi sasaran guna mendapat layanan pendidikan bermutu.
“Mungkin kita akan memperbanyak rumah belajar yang kemudian dengan rumah belajar itu, mudah-mudahan mereka bisa dapat belajar dengan mudah tidak jauh dari rumahnya, dan untuk itu maka kami akan mendata anak-anak atau mereka yang berusia sekolah yang memang belum mendapatkan akses pendidikan,” ucapnya dipantau via Youtube Kemendikbud RI, Kamis (24/10/2024).
Lanjutnya, mengembangkan layanan pendidikan bermutu merupakan bagian dari Program Hasil Terbaik Cepat (PHTC) atau disebut quick win yang dicanangkan Presiden Prabowo Subianto.
“Untuk pendidikan bermutu perlu peningkatan sarana dan prasarana dan itu menjadi bagian dari quick win bapak Prabowo dan beliau tadi menyampaikan untuk kepentingan pendidikan itu harus diprioritaskan. Sehingga kami berusaha untuk bagaimana memperbaiki sarana dan prasarana pendidikan yang hampir rusak atau belum memenuhi persyaratan,” ucapnya.
“Tapi memang ini harus kita koordinasikan dengan pemerintah daerah karena hal menyangkut pelaksanaannya tidak bisa dilepaskan dari otoritas pemerintah daerah,” imbuhnya.
Baca juga:
Baru Dilantik, Mendikdasmen Diberi PR Kembangkan Kualitas Pendidikan oleh Prabowo
Komentar
KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!