NASIONAL

Maruf Amin Dorong Penguatan Ekosistem Halal Nasional

"Aktifkan partisipasi industri keuangan syariah dalam ekosistem halal,"

AUTHOR / Astri Septiani

Maruf Amin
Wakil Presiden Maruf Amin usai rapat pleno bersama Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah. (FOTO: Setwapres)

KBR, Jakarta- Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyatakan ada tiga langkah strategis dalam upaya memperkuat ekosistem halal nasional. Kata dia, langkah pertama yaitu menyebarluaskan pemahaman tentang praktik-praktik beretika dan berkelanjutan, serta tingkatkan kolaborasi multipihak agar mewujudkan tatanan ekosistem halal yang semakin baik.

“Yang kedua, aktifkan partisipasi industri keuangan syariah dalam ekosistem halal, terutama dalam menjembatani akses pembiayaan syariah bagi UMKM,” kata Wapres di acara Brawijaya Halal Summit 2024 di Malang, Jawa Timur, Jumat (19/01/2024).

Baca juga:

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menambahkan, para pelaku industri halal perlu diedukasi tentang beragam peluang inovasi pendanaan syariah. Salah satunya melalui penerbitan sukuk atau saham syariah UMKM.

"Ketiga, UB Halal Center agar meningkatkan kolaborasi riset dan kajian di bidang halal, termasuk terkait penataan rantai pasok dan ekosistem halal yang menjamin etika dan keberlanjutan,” tutur Wapres.

Wapres juga mendorong kerja sama agar ekosistem halal regional semakin berkembang serta berkontribusi positif pada penguatan ekosistem halal nasional, termasuk dengan menjadikan para akademisi sebagai pionir riset dan pengembangan sektor halal.

Editor: Muthia Kusuma

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!