NASIONAL

Malam Ini, Bahlil Daftar Jadi Ketua Umum Golkar

“Sebentar malam nanti ambil formulir. Ya mendaftar dong ambil formulir,” jawab Bahlil.

AUTHOR / Shafira Aurel

EDITOR / R. Fadli

Malam Ini, Bahlil Daftar Jadi Ketua Umum Golkar
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri) merangkul Menteri Investasi Bahlil Lahadalia di IKN, Senin (12/8/2024). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

KBR, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia mengatakan akan mendaftarkan diri sebagai calon Ketua Umum Partai Golkar pada Senin (19/8/2024) malam.

Hal itu dia ungkapkan usai dilantik sebagai Menteri ESDM oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/8/2025).

“Formulir untuk mendaftar jadi Ketum Golkar kapan Pak?,” tanya wartawan.

“Sebentar malam nanti ambil formulir. Ya mendaftar dong ambil formulir,” jawab Bahlil.

“Berarti hari ini menteri besok jadi Ketum Golkar, Pak?,” tanya wartawan.

“Ya Wallahu a’lam bishawab,” jawabnya.

Adapun, pasca-mundurnya Airlangga Hartarto dari kursi ketum Golkar nama Bahlil Lahadalia mencuat sebagai calon yang berpotensi mengisi kedudukan itu.

Hal ini diperkuat dengan Ketua Dewan Pembina Badan Pemenangan Pemilu Partai Golkar Idrus Marham yang menyebutkan, politikus Partai Golkar Bahlil Lahadalia akan terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Nasional (Munas) IX Partai Golkar.

Sebelumnya, Airlangga Hartarto resmi mengumumkan pengunduran dirinya dari Ketua Umum Partai Golkar pada Minggu (11/8/2024).

Airlangga beralasan pengunduran dirinya itu demi mempertimbangkan soliditas di internal Golkar.

"Setelah mempertimbangkan dan untuk menjaga keutuhan Partai Golkar dalam rangka memastikan stabilitas transisi pemerintahan yang akan terjadi dalam waktu dekat maka dengan mengucapkan Bismillahirohmanirohim dan atas petunjuk Tuhan yang maha besar, maka dengan ini menyatakan pengunduran diri sebagai ketua umum DPP Partai Golkar," ujarnya dalam video yang dikutip KBR Media, Minggu (11/8/2024).

Adapun, pengunduran dirinya itu terhitung sejak Sabtu malam (10/8/2024). Airlangga menegaskan DPP Partai Golkar nantinya akan menyiapkan mekanisme organisasi sesuai ketentuan AD/ART.

Baca juga:

Jadi Menteri ESDM, Bahlil Yakin Tak Ada Konflik Kepentingan

Disebut Jadi Calon Tunggal Ketum Golkar, Bahlil Enggan Besar Kepala

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!